― Advertisement ―

spot_img

Polres Batu Bara Gelar Lomba Marathon 5K

Lima Puluh (Klik Cerah) – Ribuan masyarakat Kabupaten Batu Bara mengikuti kegiatan olahraga bersama dan lomba marathon 5K yang digelar Polres Batu Bara dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Jumat 21 Juni 2024.
BerandaTanjungbalaiSDN 014629 Pematang Sei Baru Gelar Ujian Kriteria Kelulusan Sekolah

SDN 014629 Pematang Sei Baru Gelar Ujian Kriteria Kelulusan Sekolah

Tanjung Balai ( Klik Cerah) – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 014629 Pematang Sei Baru, Kecamatan Tanjung Balai, Asahan, menggelar Ujian Kriteria Kelulusan Sekolah untuk siswa Kelas VI selama seminggu yang dimulai sejak Senin 21 Mei 2024.

Kepala SDN 014629 Pematang Sei Baru, Syahrul Purba SPdI, mengatakan ujian tersebut digelar sekolahnya sejak 2019 lalu. Sebelumnya sekolah telah mengadakan rapat dengan orangtua siswa tentang penyelenggaraan ujian kriteria kelulusan sekolah. Sejak saat itu hingga Tahun Pelajaran 2023/2024 tetap dilaksanakan.

“Pelaksanaannya setelah siswa mengikuti ujian akhir semester, kemudian dilanjutkan dengan ujian kriteria kelulusan ini. Tahun ini ada 19 siswa yang mengikuti,” imbuhnya.
Syahrul menambahkan, ada 5 tahap penilaian yang diikuti siswa dalam ujian ini, yakni membaca huruf, menulis, menghafal perkalian 1 sampai 10, tata cara mengambil wudhu, dan menghafal surah Al Quran sebanyak 21 surah di Juz 30.
“Para siswa sudah mempersiapkan terlebih dahulu sewaktu duduk di kelas I dan seterusnya sebelum mengikuti ujian ini,” lanjutnya.

Para siswa yang mengikuti ujian tersebut terlihat memakai baju putih celana hitam. Untuk pria memakai dasi dan perempuan memakai jilbab. Apabila siswa mampu melewati tahapan demi tahapan ujian ini, mereka berhak menerima sertifikat dari sekolah.

Dan, apabila tidak mampu maka sekolah akan memberikan tenggang waktu sampai si anak menyelesaikan semua tahapan ujian yang diikuti. Ujian ini menjadi promosi bagi sekolah.
“Semenjak kita buat ujian ini, calon siswa yang dominan dari sekitaran wilayah sekolah, bersekolah di sekolah kita dan tidak ada lagi memasukkan anaknya keluar daerah,” tutupnya. (fah)