― Advertisement ―

spot_img

SMPN 12 Tanjungbalai Gelar Karya dan Market Day

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 12 Tanjungbalai melaksanakan Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Market Day di halaman sekolah, Selasa 4 Juni 2024.
BerandaTanjungbalaiDisdik Tanjungbalai Gelar OSN-K 2024

Disdik Tanjungbalai Gelar OSN-K 2024

Tanjungbalai Selatan (Klik Cerah) – Seluruh sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Tanjungbalai mengikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kota (OSN-K) 2024. Kegiatan digelar serentak di sekolah masing-masing secara daring melalui Aplikasi OSN yang telah disediakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Rabu-Kamis 20-21 Maret 2024.

OSN tahun ini mengangkat tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Sains Menginspirasi”. Adapun cabang lomba dalam OSN yakni Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Tanjungbalai, Mariani SSi MSi, melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian Pendidikan Dasar, Muhammad Taufiqqurrahman Nasution SPd, mengatakan seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan baik dan lancer. “Alhamdulillah, laporan dari masing-masing pengawas positif, meskipun terdapat kendala, tetapi bisa diatasi dengan baik oleh pengawas OSN-K,” terangnya.

Taufiq menyampaikan, untuk mekanisme OSN-K dilaksanakan di sekolah masing masing, dimana setiap sekolah mengutus lima siswanya untuk satu cabang lomba. “Dari dua cabang yang diperlombakan berarti ada 10 orang siswa yang mewakili sekolahnya. Pihak sekolah masing-masing yang menentukan dengan catatan telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Menurut Taufiq, untuk olimpiade bidang mata pelajaran IPA dilaksanakan pada 20 Maret. Sedangkan 21 Maret untuk lomba bidang mata pelajaran Matematika. Program ini merupakan program pemerintah dalam rangka meningkatkan prestasi peserta didik di bidang sains.

“Pelaksanaan OSN-K jenjang SD/MI tahun 2024 adalah bagian dari upaya pemerintah untuk dapat menghasilkan anak-anak berprestasi di bidang Matematika dan IPA dan mampu berdaya saing nasional maupun global,” ucapnya.

Dia berharap nantinya yang mewakili Kota Tanjungbalai di tingkat provinsi mampu meraih hasil yang baik dan dapat melanjutkan ke tingkat nasional dan membawa harum nama Tanjungbalai. “Untuk para juara tingkat kabupaten/kota dan yang lolos ke tingkat provinsi kami belum bisa menjawab, karena langsung Kementrian yang mengevaluasi, barulah data itu turun ke kami. Bisa jadi diumumkan bulan April 2024 mendatang. Nantinya pemenang yang akan mewakili Kota Tanjungbalai akan diberikan pembinaan secara khusus agar bisa mendapatkan hasil yang baik,” sebutnya.

Sementara itu, diantara sekolah yang menjadi contoh pelaksanaan OSN-K adalah SDN 1324065 atau yang dikenal SD 5, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Perwira, Kecamatan Tanjungbalai Selatan. Kepada Koran Cerah, Rini Susanti SPd, selaku pengawas menyampaikan pelaksanaan OSN-K berjalan dengan baik, meski terdapat hambatan saat menginput data di aplikasi yang telah disediakan oleh Puspresnas.

SDN 1324065 mengutus 10 orang siswa, yakni bidang IPA: Nexi Syifa, Yardan Anevay Casira, Aura Putri Azila Nasution, Jauza Zahira, dan Roma Tondi Sagala. Untuk bidang Matematika, yakni Avika Dwi Salsabila Sirait, Kayla Natasya, Airlangga Nugrha, Wahyu Akbar Manurung, dan Maswita Zahro.

Kepala SDN 1324065, Masita SPd, menyampaikan bahwa para peserta yang mengikuti OSN-K ini memang benar-benar telah diseleksi oleh guru bidangnya. Setelah penyeleksian, terpilihlah 10 orang siswa tersebut. Kemudian diberikan pelatihan selama kurang lebih 6 bulan oleh guru bidang masing-masing.

“Dengan pelatihan yang diberikan dan kesungguhan siswanya, saya berharap mereka dapat membawa harum nama sekolah dan menjadi wakil Kota Tanjungbalai di OSN tingkat provinsi dan asional, serta bisa meraih medali emas,” harapnya. (dan)