― Advertisement ―

spot_img

SMPN 12 Tanjungbalai Gelar Karya dan Market Day

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 12 Tanjungbalai melaksanakan Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Market Day di halaman sekolah, Selasa 4 Juni 2024.
BerandaTanjungbalaiEdukasi Masyarakat Patuhi Peraturan Lalulintas

Edukasi Masyarakat Patuhi Peraturan Lalulintas

Tanjungbalai Selatan (Klik Cerah) – Polres Tanjungbalai melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2024. Operasi ini digelar dalam upaya meningkatkan simpati masyarakat pada Polri, dan terciptanya kamseltibcarlantas, Rabu 13 Maret 2024.

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Apel Mako Polres Tanjungbalai, tersebut dipimpin Walikota Tanjungbalai diwakili Staf Ahli Bidang SDM Kemasyarakatan, Anwar Ruji SSos, dengan Perwira Apel Kasat Lantas, AKP R Sitepu SH MH, dan Komandan Upacara Ipda CR Purba SH.

Dalam amanat tertulis Kapolda Sumut yang dibacakan Anwar Ruji disebutkan, permasalahan lalulintas merupakan masalah yang sangat kompleks dengan dinamikanya yang sangat beragam, sehingga sering menjadi topik pembahasan di berbagai kalangan masyarakat, media cetak maupun elektronik, bahkan sering menjadi topik utama saat dimuat dalam jejaring sosial.

“Topik yang terkait dengan tingginya pelanggaran dan kemacetan sebagai dampak tingginya pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang tidak seimbang dengan pertumbuhan infrastruktur. Kecelakaan yang terjadi pastinya diawali dengan pelanggaran. Berdasarkan data di Tahun 2023 telah terjadi 1.855.587 pelanggaran, dimana 857.181 diantaranya merupakan pelanggaran Berat,” terangnya.

Dari data laka Tahun 2023 terdapat peningkatan kasus sebesar 10,27%, korban meninggal dunia naik 1,32%, korban luka berat naik 14,54% dan korban luka ringan naik 10,53%. Dari data tersebut, sebanyak 59% merupakan usia produktif.

“Di wilayah Polda Sumut tahun 2023 angka kecelakaan sebanyak 6.739 kejadian atau mengalami kenaikan sebesar 1,04%, untuk korban meninggal dunia sebanyak 1.559 atau turun 0,9%, luka berat sebanyak 2.219 atau naik 1,04% dan luka ringan sebanyak 7.652 atau naik 1,06%,” tambahnya.

Dari korban laka tersebut ada yang mengalami cacat permanen dan hal ini dapat menurunkan produktivitasnya atau bahkan kehilangan pekerjaannya. “Melihat data tersebut, Polri saat ini khususnya Polantas berupaya mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas melakukan berbagai kegiatan preemtif maupun preventif,” ungkapnya.

Diantaranya melakukan kajian-kajian lalulintas, terutama dalam menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat, melakukan Diseminasi Model Integrasi Pendidikan Lalulintas ke dalam mata pelajaran Pancasila kepada guru dalam lingkup Kemendikbud dan Kemenag, dan penyadaran Santri Tertib Berlalu Lintas.

“Tentunya Kegiatan tersebut bukan hanya menjadi tugas Polri semata. Namun juga menjadi tanggung jawab kita bersama terutama para stakeholder dalam mengimplementasikan apa yang menjadi tujuan Dekade Aksi Keselamatan Jalan 2021-2030 melalui penerapan PP No. 37 Tahun 2011 tentang Forum Lalu Lintas, dimana di dalam PP tersebut Forum beranggotakan unsur pembina, penyelenggara, akademisi, dan masyarakat,” jelasnya. (*/hum)