― Advertisement ―

spot_img

Pemberdayaan UMKM Menuju Naik Kelas

Ketika kita mendengar kata UMKM, mungkin sebagian orang beranggapan bahwa UMKM hanya sebatas para pedagang yang menjual produk-produk lokal. Namun nyatanya UMKM sangat mempengaruhi perkembangan perekenomian Indonesia. Kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini merupakan salah satu pilar terpenting dalam perekenomian nasional.
BerandaSUMUTKPKNL Medan Gelar SOLID 2024, Perabot Rumah Tangga dan Kantor Dilelang

KPKNL Medan Gelar SOLID 2024, Perabot Rumah Tangga dan Kantor Dilelang

Medan (Klikcerah) – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Medan menggelar Sosialisasi dan Edukasi Lelang (SOLID) 2024. Kegiatan berlangsung di arena Car Free Day (CFD) Pemko Medan, di seputaran Lapangan Merdeka, Minggu 5 Mei 2024.

Mengambil lokasi di badan Jalan Bukit Barisan, KPKNL membuka open stage sebagai pusat acara.

Kegiatan yang berlangsung sejak pagi hari itu ditandai dengan senam bersama, pelelangan barang, dan lucky draw.

Kepala KPKNL Medan, Agus Budianta, mengatakan kegiatan ini terselenggara dalam rangka memeriahkan Semarak 116 Tahun Lelang Negara. Hal ini juga seiring dengan tujuan mewujudkan ekosistem digital lelang yang inklusif dan kolaboratif.

Dalam kegiatan SOLID ini, lanjutnya, KPKNL menggandeng empat bank BUMN, yakni BSI, Mandiri, BNI dan BRI. Kegiatan itu langsung dibuka Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN Sumut, Dodok Dwi Handoko.

Dalam sambutannya, Dodok mengucapkan terima kasih kepada KPKNL Medan yang telah menggelar acara itu. Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum paham tentang lelang. Padahal sesungguhnya lelang itu mudah karena digelar secara online.

“Artinya siapa saja boleh mengikuti lelang. Mudah dan transparan. Hal ini sesuai dengan semboyan Lelang, Bagus Harganya, Pasti Prosesnya,” katanya.

Di wilayah kerja DJKN Sumut yang meliputi KPKNL Medan, KPKNL Kisaran, KPKNL Siantar dan KPKNL Padang Sidimpuan, seluruh masyarakat bisa mengikutinya.

“Bebas siapa saja boleh ikut. Tinggal melihat informasi barang apa saja yang akan dilelang di portal resmi lelang negara. Ada rumah, tanah, gudang dan bahkan kendaraan,” ungkapnya.

Usai senam bersama, acara dilanjutkan dengan lelang manual. Ada beberapa jenis barang yang dilelang semisal setrika, kipas angin, flashdisk, alat penyedu air, termos air dan beberapa peralatan rumah tangga dan kantor lainnya.

“Karena ini sifatnya acara maka kita gelar lelang manual sebagai edukasi kepada masyarakat tentang lelang,” tambah Agus. (dra)