― Advertisement ―

spot_img

SMPN 12 Tanjungbalai Gelar Karya dan Market Day

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 12 Tanjungbalai melaksanakan Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Market Day di halaman sekolah, Selasa 4 Juni 2024.
BerandaNasionalPTPN IV Regional II Sukses Kantongi Sertifikat ISCC

PTPN IV Regional II Sukses Kantongi Sertifikat ISCC

Jabar (Klik Cerah) – PT Mutuagung Lestari Tbk mengucapkan terimakasih sekaligus menyerahkan sertifikat International Sustainability and Carbon Certification (ISCC) kepada PTPN IV Regional II. Perusahaan berharap jalinan kerja sama antara keduanya terus terjalin dan semakin produktif di masa depan.

Sertifikat ISCC ini diserahkan oleh Direktur Operasional PT Mutuagung Lestari Tbk, Irham Budiman, kepada Region Head PTPN IV Regional II, Sudarma Bhakti Lessan, yang diwakili Kepala Bagian SDM dan Sistem Manajemen, Hwin Dwi Putera, beserta enam perwakilan manajer di Depok, Jawa Barat, pekan lalu.

“Atas nama manajemen mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang telah terjalin sangat baik dengan PTPN IV Regional II,” ujar Irham.

Pada kesempatan ini, PT Mutuagung Lestari Tbk menyerahkan sebanyak 15 sertifikat ISCC, yakni sistem sertifikasi terkemuka untuk keberlanjutan dan emisi gas rumah kaca. Mutu Certification International sendiri merupakan lembaga pertama di ASEAN yang diakui dunia untuk melakukan sertifikasi ISCC.

Sertifikasi tersebut dapat diterapkan untuk memenuhi persyaratan hukum di pangsa pasar bio energi serta menunjukkan keberlanjutan dan keterlacakan bahan baku di industri makanan, pakan dan bahan kimia.

“Semoga dapat dipergunakan untuk mendukung keberlanjutan PalmCo menjadi pengelola komoditas sawit terkemuka dan terbesar di dunia. Sekali lagi selamat dan sukses untuk PTPN IV Regional II,” ujar Irham.

Mewakili manajemen PTPN IV Regional II, Kepala Bagian SDM dan Sistem Manajemen, Hwin Dwi Putera mengucapkan terima kasih kepada PT Mutuagung Lestari Tbk yang telah menerbitkan sertifikat ISCC.
Sertifikat ini menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus berkomitmen menjaga sistem keberlanjutan dan penurunan emisi gas rumah kaca dalam industri perkebunan kelapa sawit nasional.

“Sekali lagi terima kasih. Harapan kita sama, semoga kerja sama antara PTPN IV Regional II dan PT Mutuagung Lestari Tbk tetap berlanjut dan semakin baik lagi,” ujar Hwin.

Menurut Kepala Bagian Sekretariat & Hukum PTPN IV Regional II, Muhammad Ridho Nasution, sertifikat ISCC menawarkan bermacam keuntungan bagi perusahaan yang berkecimpung dalam bisnis biofuel, bioliquids maupun biofuel berbasis limbah.

Antara lain menciptakan kredibilitas dalam persepsi publik dan memberikan keamanan jangka panjang bagi perusahaan yang menggunakan skema tersebut. ISCC juga menjamin audit yang sangat efektif dan efisien serta menawarkan dokumen sistem dan alat audit lainnya secara komprehensif.

“Untuk itu kita sangat bersyukur dan tentunya berterima kasih kepada PT Mutuagung Lestari Tbk. Semoga sertifikat ini mampu membawa PTPN IV Regional II lebih baik lagi sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih besar kepada bangsa dan negara,” ujar Ridho.

Sementara, perwakilan 6 manajer yang menerima sertifikat ISCC adalah Manajer Kebun dan PKS Mayang, Januar Saragih; Manajer Kebun dan PKS Air Batu, Erwin Juliawan Nasution; Manajer PKS Tinjowan, Ade Reza Kurniawan Pakeh; Manajer PKS Ajamu, Epi Ripson Sianturi; Manajer Kebun Berangir, Agusman; Manajer PKS Dolok Ilir, Ratya Asa Sinulingga. (*/rel/dra)