― Advertisement ―

spot_img

SMPN 12 Tanjungbalai Gelar Karya dan Market Day

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 12 Tanjungbalai melaksanakan Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Market Day di halaman sekolah, Selasa 4 Juni 2024.
BerandaEkonomiKredit Pensiun? Ke Bank Sumut Aja!

Kredit Pensiun? Ke Bank Sumut Aja!

Pensiun bukan akhir dari segalanya, malah, bagi sebagian orang, itu merupakan awal dari babak baru yang penuh dengan peluang. Salah satunya memanfaatkan Kredit Pensiun Bank Sumut.

———————-

Mungkin banyak yang terjebak dalam pandangan bahwa masa pensiun adalah saat untuk bersantai dan menikmati hasil kerja keras selama bertahun-tahun. Namun, pensiun juga bisa menjadi saat yang tepat untuk menjelajahi dunia kewirausahaan.

Nah, bagi pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN), baik itu Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yang tertarik berwirausaha tapi terbentur kepada persoalan permodalan, PT Bank Sumut punya solusinya. Terutama bagi pensiunan ASN yang sebelumnya telah menjadi nasabah di bank yang menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinisi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) tersebut.

“Kami memiliki produk perbankan yang menarik bagi pensiunan, sehingga mereka bisa tetap produktif meski tak lagi menjadi ASN. Bagi yang tertarik bisa datang ke Unit Bank Sumut Cabang Kisaran. Kami ada di berbagai lokasi, yakni Kantor Cabang Pembantu (KCP) Dipo Kisaran, KCP MPP Kisaran, KCP Bandar Pasir Mandoge, KCP Air Joman, KCP Ujung Padang, atau datang langsung ke Kantor Cabang Kisaran, Jalan HOS Cokroamonoto,” kata Pls Pemimpin Cabang Bank Sumut Kisaran, Nurman Arif Budiman, Kamis 25 Januari 2024.

Sebagai mitra PT Taspen, lanjutnya, Bank Sumut mengelola dana pensiun ASN, dalam bentuk pembayaran manfaat kepada pensiunan. “Kalau ASN yang masih aktif namanya gaji, tapi kalau sudah pesiunan namanya manfaat. Jadi kita merupakan salah bank mitra dari PT Taspen yang mengelola dana pensiunan. Intinya PT Taspen yang menyalurkan ke bank mitra. Untuk produk ini yang jelas nasabahnya para pensiunan,” ujarnya.

Selain tabungan Smart Pensiun, Arif mengatakan, Bank Sumut juga memiliki dua produk lainnya, yakni Kredit Pensiun dan Kredit Pra Pensiun. “Jadi selain Kredit Pensiun, kami juga menawarkan Kredit Pra Pensiun bagi ASN yang akan memasuki masa pensiun 10 atau 5 tahun lagi. Persyaratannya muda, limit waktu kreditnya panjang, dan nilai kreditnya juga besar, tentunya dengan cicilan yang ringan. Jadi, tunggu apalagi. Untuk pensiunan ke Bank Sumut aja. Untuk informasi yang lebih lengkap bisa datang langsung ke unit-unit kami yang ada di sejumlah kecamatan,” tambahnya.

Dijelaskan, Kredit Pensiun Bank Sumut memberikan penawaran kepada para pensiunan ASN yang dikelola PT Taspen berupa fasilitas kredit pensiun dengan pelayanan cepat dan mudah. Melalui produk ini, para pensiunan ASN bisa memiliki kesempatan untuk terus berkarya dan mewujudkan rencana masa depan bersama Bank Sumut Cabang Kisaran. “Plafond kredit mulai Rp 5 juta hingga Rp 300 juta dengan jangka waktu angsuran atau cicilan dari 12 bulan hingga 180 bulan. Jadi, sangat menarik dan mudah,” ungkapnya.

Sebagai gambaran, untuk kredit dengan nilai plafond Rp 5 juta, besaran angsuran untuk 12 bulan sebesar Rp 444.244 per bulannya, jika 24 bulan sebesar Rp 235.367 perbulan, dan seterusnya hingga masa angsuran 180 bulan menjadi Rp 60.008 per bulannya (SELENGKAPNYA LIHAT TABEL, Red). Dari skema kredit yang ditawarkan, terlihat sangat mudah dan ringan. “Jadi tunggu apalagi, untuk kredit pensiunan cukup ke Bank Sumut saja,” kata Arif lagi.

Kemudian dia menjelaskan ketentuan kredit pensiun yang berlaku untuk pensiunan sendiri, pensiun janda atau duda. Jangka waktu kredit hingga 180 bulan atau 15 tahun berlaku maksimum untuk usia saat jatuh tempo 70 tahun. Lalu, gratis biaya administrasi, gratis biaya provisi kredit dan di-cover asuransi jiwa. Untuk Kredit Pra Pensiun, persyaratannya meliputi fotokopi dan asli SK CPNS dan SK PNS, fotokopi KTP suami/istri, fotokopi kartu keluarga (KK), surat nikah, dan NPWP. Lalu, fotokopi Kartu Pegawai (karpeg), Kartu Taspen dan slip gaji. Fotokopi golongan terakhir, pasfoto suami/istri, fotokopi buku tabungan dan surat sehat. Sedangkan untuk kredit pensiun persyaratannya adalah fotokopi dan asli SK Pensiun dan Karti Identitas Pensiun (KARIP), fotokopi suami/istri, fotokopi Kartu Keluarga (KK), surat nikah dan NPWP. Pasfoto suami/istri, fotokopi buku tabungan dan surat sehat. Untuk informasi lebih lengkap bisa datang langsung ke PT Bank Sumut Cabang Kisaran, Jalan HOS Cokroaminoto No 25 Kisaran. (dra/her)