― Advertisement ―

spot_img

SMPN 12 Tanjungbalai Gelar Karya dan Market Day

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 12 Tanjungbalai melaksanakan Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Market Day di halaman sekolah, Selasa 4 Juni 2024.
BerandaEdukasiSerunya Market Day di MIN 10 Asahan

Serunya Market Day di MIN 10 Asahan

Kisaran (Klik Cerah) – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 10 Asahan menggelar kegiatan Market Day di Lapangan Madrasah, Jalan Ir Sumantri, Kelurahan Selawan, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Selasa 6 Februari 2024.

Kegiatan Market day diikuti dan dilaksanakan oleh seluruh siswa, didampingi oleh para guru, baik guru kelas maupun guru mata pelajaran. Siswa yang bertugas menjajakan barang dagangannya adalah siswa Kelas IV dan siswa Kelas I.

Adapun siswa yang bertugas sebagai pembeli adalah siswa Kelas I sampai Kelas VI dan seluruh warga sekolah . Adapun barang yang dijajakan berupa makanan hasil olahan dari buah-buahan. Harga jajanan yang dijual berkisar antara Rp500 sampai Rp3000.

Kepala MIN 10 Sartiji SPdI MM menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya menumbuhkan bakat siswa dalam bidang wirausaha, khususnya di lingkungan madrasah. Selain itu, Market Day dilakukan sebagai salah satu bagian dari pengenalan kegiatan ekonomi.

Sartiji mengatakan, kegiatan ini sangat menunjang kreativitas siswa dalam berwirausaha juga sebagai pembelajaran di luar kelas sesuai tema dan sub tema pada kurikulum merdeka, memberikan pembelajaran sosial yang dapat membentuk karakter siswa yang religius, gotong royong, kemandirian, dan integritas.

“Hal lain yang menjadi manfaat yakni memberikan pengalaman kepada siswa secara langsung dalam kegiatan jual beli, mengenalkan pada siswa aneka olahan jenis makanan dari sumber daya alam di lingkungan sekitar, dapat menumbuhkan bakat dan minat siswa di bidang wirausaha, serta menumbuhkan kemauan siswa untuk berinovasi dan berkreasi,” terangnya. (dan)