― Advertisement ―

spot_img

SMPN 12 Tanjungbalai Gelar Karya dan Market Day

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 12 Tanjungbalai melaksanakan Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Market Day di halaman sekolah, Selasa 4 Juni 2024.
BerandaEdukasiLatih Siswa Jadi Wirausahawan yang Jujur

Latih Siswa Jadi Wirausahawan yang Jujur

Simpang Empat (Klik Cerah) – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Asahan mengadakan kegiatan Market Day, pekan lalu. Event ini digelar bukan hanya melatih siswa dalam bertransaksi, tetapi juga sebagai salah satu implementasi pembelajaran Fiqih Kelas 6 yaitu tentang jual beli.

Market day ini juga sesuai dengan penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA) yang sesuai dengan tema Kewirausahaan. Tak hanya itu, market day juga dapat mengasah keterampilan berpikir kritis, keterampilan kreativitas, keterampilan komunikasi serta keterampilan berkolaborasi.

Market Day merupakan event atau kegiatan untuk berjual beli atau bertransaksi. Sedangkan yang bertugas sebagai penjual yaitu siswa Kelas 6. Mereka menjual aneka makanan pasar yang sehat, seperti puding, klepon, martabak dan sebagainya. Kegiatan tersebut dilakukan di lingkungan sekolah.

Guru Pembimbing MIN 1 Asahan, Marsudin SAg, mengatakan kegiatan ini telahTetapkan gambar unggulan dipersiapkan sejak sebulan lalu. “Tentunya market day ini perlu persiapan yang matang, apalagi siswa masih sangat awam dalam hal jual beli,” ujarnya.

Marsudin mengatakan, pihaknya melibatkan siswa Kelas 6 yang terdiri dari dua rombel (rombongan belajar) dan membagi dalam beberapa kelompok. Siswa diperkenalkan terlebih dahulu tentang tata cara jual beli, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dan benda apa saja yang boleh diperjualbelikan.

“Siswa kemudian bekerjasama dengan kelompok memikirkan strategi agar produk yang mereka jual laris terjual dan menghasilkan laba yang maksimal,” sebutnya.
Event ini dimulai dari pukul 08.00 WIB, siswa peserta Market Day mulai mempersiapkan menata lapak yang akan digunakan. Siswa dibimbing oleh tenaga pendidik menyusun produk agar terlihat rapi, bersih dan menarik.

Banyak aneka makanan yang dijajakan oleh para peserta Market Day, mulai dari risol, klepon hingga es coklat. Siswa terlihat antusias terbukti dari raut wajah mereka yang ceria dan semangat menyambut para pembeli yang berasal dari tenaga pendidik dan siswa lainnya.

“Dengan adanya Market Day ini saya berharap siswa lebih memahami tentang jual beli dan melatih mereka menjadi wirausahawan serta melatih kekompakan dan kejujuran,” ucapnya.

Marsudin berharap kegiatan ini dapat terus diterapkan dan menjadi agenda rutin di MIN 1 Asahan, apalagi kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari kepala MIN 1 Asahan. (*/dip)