― Advertisement ―

spot_img

SMPN 12 Tanjungbalai Gelar Karya dan Market Day

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 12 Tanjungbalai melaksanakan Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Market Day di halaman sekolah, Selasa 4 Juni 2024.
BerandaEdukasiKeren! Peserta Didik MAN Asahan Jadi Duta Siswa Indonesia Penggerak Riset Madya...

Keren! Peserta Didik MAN Asahan Jadi Duta Siswa Indonesia Penggerak Riset Madya 2024

Kisaran (Koran Cerah) – Peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Asahan, Khairun Niza, berhasil terpilih menjadi Duta Siswa Indonesia Penggerak Riset Madya 2024. Ia terpilih pada Grand Final Duta Siswa Indonesia 2024 yang diselenggarakan oleh Yayasan Lingkar Inspirasi Bangsa di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Medan pada 18-22 Januari 2024.

Sebelum terpilih menjadi Duta Siswa Indonesia Penggerak Riset Madya 2024, Khairun Niza berhasil masuk di Top 21 Duta Siswa Putri pada Grand Final Duta Siswa Indonesia 2024 tersebut dan harus bersaing dengan peserta lainnya dari seluruh Indonesia.

Khairun Niza sendiri sebelumnya telah dinobatkan menjadi Duta Siswa Utama Putri Sumatera Utara Tahun 2023 pada ajang pemilihan Duta Siswa Sumatera Utara Tahun 2023. Kemudian berdasarkan surat dari National Director Duta Siswa Indonesia Yayasan Lingkar Inspirasi Bangsa Nomor: SK.158/DSI/B/XI/2023 tanggal 26 November 2023 perihal Letter of Acceptance (LoA) Duta Siswa Indonesia, Khairun Niza dinyatakan terpilih sebagai Grand Finalis Duta Siswa Indonesia 2024.

“Selamat atas prestasi yang dicapai oleh ananda kami Khairun Niza, ini akan menjadi kebanggaan bagi keluarga besar MAN Asahan. Semoga dari ajang ini dapat memberi motivasi kepada peserta didik MAN Asahan lainnya untuk mengukir prestasi ke depannya,” kata Kepala MAN Asahan, Dra Hj Elda Ayumi MSi, Selasa 23 Januari 2024.

MAN Asahan kemudian melakukan penyambutan Khairun Niza pada kegiatan apel pagi. Dalam sambutannya, Elda Ayumi mengucap syukur atas raihan prestasi salah satu peserta didiknya, dimana itu adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar MAN Asahan. Sebab prestasi yang dicapai merupakan prestasi di tingkat nasional yang selama ini menjadi target dalam capaian prestasi madrasah.

“Alhamdulillah madrasah kita saat ini mendapatkan prestasi ditingkat nasional, ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kita keluarga besar MAN Asahan. Khairun Niza telah memberikan yang terbaik pada Grand Final Duta Siswa Indonesia 2024 dan bersaing dengan duta-duta siswa perwakilan dari provinsi seluruh Indonesia,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa untuk meraih sebuah prestasi itu membutuhkan pengorbanan, semua butuh proses yang panjang dan dari proses itu pasti ada hal-hal yang memberikan pengalaman serta pelajaran untuk bertindak lebih baik lagi.

“Harapan untuk ke depan nanti ada peserta didik MAN Asahan yang mampu mengikuti jejak Khairun Niza dalam meraih prestasi ditingkat nasional, tidak mesti di bidang yang sama tapi di bidang-bidang lainnya,” harapnya.

Sebagai penutup sambutan, Elda Ayumi memberikan pesan mendalam bagi Khairun Niza khususnya dan seluruh peserta didik MAN Asahan umumnya, bahwa jangan pernah menyombongkan diri atas berbagai prestasi yang telah diraih, baik itu prestasi di tingkat apapun. “Tetaplah hargai dan hormati guru-gurumu dan orang-orang disekelilingmu,” imbaunya.

Sementara itu Khairun Niza memberikan pesan dan kesannya kepada seluruh warga MAN Asahan selama mengikuti Grand Final Duta Siswa Indonesia 2024. “Rasa syukur dan bahagia saat dinobatkan menjadi Duta Siswa Indonesia Penggerak Riset Madya 2024 dan kembali diberikan amanah untuk membimbing peserta didik di seluruh Indonesia untuk berpikir kritis dalam meriset perkembangan pendidikan di Indonesia”, ucap Khairun Niza.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya Niza ucapkan kepada seluruh keluarga besar MAN Asahan, Kepala MAN Asahan, pendidik dan tenaga kependidikan MAN Asahan serta teman-teman yang selalu memberikan doa, restu dan dukungan kepada Niza sampai Niza berada di titik ini,” lanjutnya.

Ia pun menyampaikan harapan bisa mengharumkan nama madrasah di berbagai tingkatan. “Harapan Niza, semoga peserta didik MAN Asahan dapat selalu mengharumkan nama madrasah, baik itu ditingkat kabupaten, provinsi dan nasional serta internasional. Berprestasi Untuk Membangun Negeri,” tutupnya. (rel)