― Advertisement ―

spot_img

SMPN 12 Tanjungbalai Gelar Karya dan Market Day

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 12 Tanjungbalai melaksanakan Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Market Day di halaman sekolah, Selasa 4 Juni 2024.
BerandaBatu BaraKapus Labuhan Ruku dan Camat Talawi Jemput Bola Sukseskan IVA Test

Kapus Labuhan Ruku dan Camat Talawi Jemput Bola Sukseskan IVA Test

Talawi (Klik Cerah) – Kepala Puskesmas (Kapus) Labuhan Ruku, dr Sarbaini, bersama Camat Talawi, Kabupaten Batu Bara, H Ilyas SPd MSi, melakukan jemput bola dengan turun langsung ke masyarakat, ‘door to door’ agar bersedia melakukan pemeriksaan kesehatan IVA Test, Rabu 29 Maret 2024.

Inspeksi Visual Asam Asetat ( IVA ) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Tak hanya door to door, Sarbaini dan Ilyas juga mendatangi tempat para ibu yang sedang berkumpul hingga ke warung agar memeriksakan kesehatannya di Kantor Desa Pahang, Kecamatan Talawi.

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat penting bagi kaum ibu. Kami bersama Pak Camat Talawi menjemput bola agar para ibu yang sudah berumah tangga secara rutin memeriksakan kesehatanya, terutama pemeriksaan pencegahan dini kanker leher Rahim yang secara medis kami sebut pemeriksaan IVA Test,” kata dr Sarbaini.

Dia mengatakan, kepada para ibu mereka menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan ini gratis, tidak dipungut biaya sama sekali. “Pemeriksaan ini kami lakukan secara gratis bagi para ibu, baik yang langsung datang ke puskesmas, maupun yang datang ke kantor desa,” ungkapnya.

Ditambahkan dr Sarbaini, ada beberapa ketentuan bagi para ibu yang ingin diperiksa, yaitu tidak dalam menstruasi, tidak boleh bercampur sehari sebelum pemeriksaan, dan harus yang sudah bersuami.

Sementara itu, Camat Talawi H Ilyas SPd MSi mengatakan, aksi jemput bola tersebut juga sebagai sosialisasi agar para ibu tidak takut memeriksakan kesehatan secara rutin.
“Terutama untuk pencegahan penyakit kanker ini, kami akan melakukanya di semua wilayah Kecamatan Talawi bekerjasama dengan para kepala desa dengan mendatangkan tim kesehatan dari Puskesmas Labuhan Ruku yang dipimpin langsung oleh Pak dr Sarbaini,” pungkasnya. (nas)