― Advertisement ―

spot_img

SMPN 12 Tanjungbalai Gelar Karya dan Market Day

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 12 Tanjungbalai melaksanakan Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Market Day di halaman sekolah, Selasa 4 Juni 2024.
BerandaBatu BaraBPP Sei Balai Serahkan Bantuan Bibit Buah dan Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk

BPP Sei Balai Serahkan Bantuan Bibit Buah dan Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk

Sei Balai (Klik Cerah) – Dinas Pertanian Kabupaten Batu Bara melalui Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sei Balai diwakili Misiadi SST menyerahkan bantuan bibit tanaman buah kepada Pemerintah Desa Simpang Kopi dan Desa Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Selasa 28 Mei 2024.

Bantuan bibit tanaman buah tersebut diterima langsung oleh Kepala Desa Simpang Kopi, Bahrum; dan Kepala Desa Tanjung Gading, Alinardi. “Untuk Desa Simpang Kopi kami serahkan 100 polybag bibit melinjo dan 25 polybag bibit alpukat. Sedangkan untuk Desa Tanjung Gading juga 100 polybag bibit melinjo, namun bibit alpukatnya hanya 10 polybag,” terang Misiadi.

Misiadi berharap bibit tanaman buah tersebut ditanam dan dirawat dengan baik, sehingga bisa memberikan manfaat untuk warga desa. Untuk lokasi tanam, rencananya bibit tanaman itu akan ditanam di sepanjang jalan desa.

“Bibit ini akan ditanam di sepanjang jalan desa masing-masing. Tujuannya selain sebagai pohon pelindung, juga sebagai tanaman buah yang dapat memberikan hasil bermanfaat bagi warga sekitar. Kita meminta tanaman ini dirawat dengan baik,” tukasnya.

Sementara itu di hari yang sama, dalam rangka meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian, BPP Sei Balai bersama Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan pupuk cair kepada petani yang diselenggarakan di Aula BPP Sei Balai.

Kegiatan tersebut menghadirkan pemateri Penyuluh Pertanian, Edi Irwan, dan Mahasiswa Polbangtan, Fauzi Fahrian. Hadir sebagai peserta, 14 orang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), 2 orang Mahasiswa Polbangtan, dan 2 orang petani. (nas)