― Advertisement ―

spot_img

Polres Batu Bara Gelar Lomba Marathon 5K

Lima Puluh (Klik Cerah) – Ribuan masyarakat Kabupaten Batu Bara mengikuti kegiatan olahraga bersama dan lomba marathon 5K yang digelar Polres Batu Bara dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Jumat 21 Juni 2024.
BerandaBatu Bara“Jaga Martabat Bangsa di Tanah Suci”

“Jaga Martabat Bangsa di Tanah Suci”

Lima Puluh (Klik Cerah) – Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara, Nizhamul SE MM, melepas keberangkatan 249 jamaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Batu Bara yang tergabung dalam Kelompok Terbang (kloter) 11 Embarkasi Medan 1445 H dari Halaman Kantor Bupati, Lima Puluh, menuju Asrama Haji Medan (Ahmed), Kamis 23 Mei 2024.

Pelepasan keberangkatan jamaah calhaj diiringi dengan adzan serta diwarnai tangis haru dari keluarga. Dalam sambutannya, Nizhamul mengucapkan selamat atas diberangkatkannya jamaah calhaj Kabupaten Batu Bara ke Tanah Suci Makkah dan akan menjadi tamu Allah. Ia mengimbau untuk menjadi jamaah yang terhormat dengan menunjukkan sikap ramah, santun, dan menjaga martabat bangsa.

Nizhamul juga mengatakan bahwa setiap muslim sudah tentu mendambakan untuk dapat menunaikan ibadah haji, karena hal ini disamping merupakan kewajiban bagi yang mampu juga sekaligus suatu kehormatan bagi yang telah mendapatkan panggilan dari Allah SWT.

“Maka mari gunakanlah waktu selama kurang lebih 40 hari itu untuk memperbanyak berzikir, berdoa, bersedekah dan ibadah lainnya yang dilakukan semata-mata untuk meraih ridho dan rahmat dari Allah Swt agar menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” imbaunya.
Selanjutnya, Nizhamul berpesan kepada para petugas haji agar bekerja melayani jamaah dengan baik dan sungguh-sungguh. Agar para jamaah calhaj sehat walafiat dari pergi sampai pulang ke rumah.

Sebelumnya, Kakan Kemenag Batu Bara, H Sakoanda Siregar SAg, melaporkan jamaah calha Kloter 11 Embarkasi Medan 1445 H berjumlah 354 orang yang berasal dari Kabupaten Batu Bara, Medan, dan Nias.

Untuk jumlah jamaah calhaj asal Kabupaten Batu Bara sebanyak 249 orang yang terdiri dari 119 Laki-laki dan 130 perempuan, dari usia 23 sampai 85 tahun. Sedangkan jamaah asal Nias 2 orang, Medan 95 orang, petugas haji berjumlah 8 orang dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) 1 orang.

Sakaonda mengucapkan terimakasih kepada Pj Bupati Nizhamul yang telah mempersiapkan fasilitas yang baik untuk calon jemaah haji. “Dengan membantu penyelenggaraan pemberangkatan jamaah calhaj dengan baik, semoga Allah Swt memberikan balasan yang baik dengan menjadikan Kabupaten Batu Bara Bangkit ‘Baldatun Thyoyibatun Wa Robbun Ghofur,” harapnya.

Jemaah calhaj Batu Bara dilepas menuju Medan masuk Asrama Haji menggunakan 7 unit bus. Mereka dijadwalkan terbang ke Madinah melalui Bandara Kualanamu, Deli Serdang, pada Jumat, 24 Mei 2024, pukul 15.40 WIB. (*/kom)