― Advertisement ―

spot_img

Polres Batu Bara Gelar Lomba Marathon 5K

Lima Puluh (Klik Cerah) – Ribuan masyarakat Kabupaten Batu Bara mengikuti kegiatan olahraga bersama dan lomba marathon 5K yang digelar Polres Batu Bara dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Jumat 21 Juni 2024.
BerandaBatu BaraSuarko SPd: Kebanggaan Kami Jika Kalian Sukses

Suarko SPd: Kebanggaan Kami Jika Kalian Sukses

Datuk Tanah Datar (Klik Cerah) – Madrasah Tsnawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Al Washliyah Petatal, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara, menggelar pelepasan siswa Kelas IX dan Kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024, Selasa 14 Mei 2024.

Kegiatan diawali dengan sejumlah tarian persembahan dan unjuk keterampilan para siswa. Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala MA Suarko SPd, Kepala MTs Dra Ita Khairani SPdI, komite madrasah, dewan guru, orangtua siswa/wali, dan seluruh siswa yang dilepas.

Perwakilan orangtua siswa, Ir Legiman, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para siswa yang dilepas, karena telah menyelesaikan pembelajaran dan diminta untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Legiman juga mengucapkan terimakasih kepada kepala madrasah dan para guru karena telah mendidik para siswa dengan baik. “Terima kasih sudah membimbing dalam membentuk martabat dan kejujuran, karena mendidik bukan pekerjaan yang gampang, dan mohon maaf apabila ada anak-anak kami yang ada yang nakal,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelepasan Siswa, Rudi, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua siswa yang sudah menyelesaikan pendidikannya. Ia berharap semua siswa dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, dan dapat mennjadi contoh dan sukses di tengah-tengah masyarakat.

“Jumlah siswa MA yang kita lepas berjumlah 76 orang, terdiri dari 41 orang perempun dan 35 orang laki-laki. Sementara jumlah siswa MTs yang dilepas berjumlah 102 orang, terdiri dari 62 orang laki-laki dan 40 orang perempuan,” katanya.

Kepala MA, Suarko SPd, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran para orangtua siswa/wali dalam acara tersebut. Dia juga meminta para siswa yang dilepas agar benar-benar menggunakan ilmu yang telah didapat untuk meraih cita-cita di masa depan.

“Para siswa ini ada yang tiga tahun dididik untuk menimba ilmu di madrasah ini, ada juga yang enam tahun karena setelah lulus MTs melanjutkan di MA yang ada di yayasan kita. Setelah lulus, segeralah melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi ataupun bekerja, dan bisa hidup mandiri,” ucapnya.

Suarko mengatakan, menjadi kebanggaan bagi madrasah dan para guru apabila mereka bisa sukses meraih cita-cita di masa depan. “Banyak lulusan dari madrasah kita yang menjadi anggota TNI, Polri, guru, dan bidang pekerjaan lainnya. Jangan malas-malas, teruslah belajar. Merupakan kebanggaan bagi kami kalau kalian sukses,” nasihatnya.

Jika telah lulus dan meninggalkan madrasah, jagalah nama baik lembaga yang telah mendidik mereka. Sampaikan yang baik tentang madrasah kepada masyarakat luas. Tunjukkan bahwa madrasah ini benar-benar memiliki kualitas yang sangat baik.

“Kebanyakan guru merupakan alumni madrasah kita. Banyak guru agama di Petatal ini merupakan tamatan dari madrasah ini. Saingan ke depan makin berat, jangan malas-malas. Jangan jadi penonton, berperanlah. Jaga nama baik madrasah dan orangtua. Hadapi kedepannya di dunia nyata,” tambahnya.

Ia juga mengimbau para orangtua untuk memasukkan anak-anaknya ke madrasah ini. Bahkan, untuk siswa yatim atau berasal dari keluarga kurang mampu akan dibantu sehingga bisa menyelesaikan pendidikannya dengan gratis. “Anak-anak yatim atau yang kurang mampu, silahkan jumpai saya atau guru lainnya. Pasti akan kami bantu, tidak bayar SPP,” tandasnya. (nas)