― Advertisement ―

spot_img

Polres Batu Bara Gelar Lomba Marathon 5K

Lima Puluh (Klik Cerah) – Ribuan masyarakat Kabupaten Batu Bara mengikuti kegiatan olahraga bersama dan lomba marathon 5K yang digelar Polres Batu Bara dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Jumat 21 Juni 2024.
BerandaBatu BaraMAN Batu Bara Gelar Karya P5P2RA Kearifan Lokal

MAN Batu Bara Gelar Karya P5P2RA Kearifan Lokal

Lima Puluh (Klik Cerah) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batu Bara, Lima Puluh, melaksanakan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatallil Alamin (P5P2RA) atau sebagai bentuk implementasi dari Kurikulum Merdeka.

Tema yang diusung adalah kearifan lokal berupa pesta seni budaya karnaval etnis Melayu, yakni Tari Kuala Deli. Seluruh rangkaian kegiatan diikuti seluruh peserta didik Kelas X yang digelar di lapangan madrasah, akhir pekan lalu.

Kepala MAN Batu Bara, Erwin Parlindungan Nasution SAg MM, dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini bukan kali pertama digelar madrasah yang dipimpinnya.

“Semester lalu kita sudah pernah melaksanakannya dengan tema Bhinneka Tunggal Ika, dan sekarang kita mengusung tema Kearifan Lokal. Harapan saya, kegiatan ini menjadi bekal kepada seluruh peserta didik yang terlibat untuk mengetahui berbagai ragam tari, khususnya tari khas kebudayaan Melayu,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Guru Seni Budaya MAN Batu Bara sekaligus panitia pelaksana Gelar Karya P5P2RA, Afni Dayanti Nasution SPd, menyebutkan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar peserta didik terus melestarikan budaya dan mengerti ragam gerak tari khas Melayu, sehingga tradisi ini akan tetap hidup dan berkembang mengikuti zaman.

“Melalui ini saya berharap mereka mahir dan memahami Tari Kuala Deli Etnis Melayu sesuai dengan gerak dan ragam tarinya. Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, seluruh peserta didik yang terlibat sudah saya berikan arahan yang setiap hari ditindaklajuti dengan latihan,” ucapnya.

Mengenakan busana songket untuk laki-laki dan selendang untuk perempuan, seluruh peserta didik Kelas X melangsungkan satu tarian secara bergantian dengan teman sekelasnya.

“Untungnya hari ini cuaca mendukung, tidak terlalu panas dan tidak juga mendung sehingga, kami melangsungkan tarian ini dengan semangat, terlebih lagi kegiatan ini dilaksanakan di lapangan, disaksikan oleh seluruh pendidik, tenaga kependidikan, dan juga abang serta kakak kelas kami. Semoga penampilan kami maksimal dan mampu menyenangkan semua yang melihat,” ucap Diwani Azzahra, salah seorang peserta didik yang terlibat dalam penampilan tersebut. (*/rel)