― Advertisement ―

spot_img

Polres Batu Bara Gelar Lomba Marathon 5K

Lima Puluh (Klik Cerah) – Ribuan masyarakat Kabupaten Batu Bara mengikuti kegiatan olahraga bersama dan lomba marathon 5K yang digelar Polres Batu Bara dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Jumat 21 Juni 2024.
BerandaBatu BaraKPA Rumah Relawan dan Unit Polairud Batu Bara Gelar Bersih Sungai

KPA Rumah Relawan dan Unit Polairud Batu Bara Gelar Bersih Sungai

Tanjung Tiram (Klik Cerah) – Komunitas Pecinta Alam (KPA) Rumah Relawan bersama Unit Markas Polairud Batu Bara menggelar kegiatan bersih sungai di Kecamatan Tanjung Tiram dan Talawi. Kegiatan bertajuk ‘Bersihkan Sungai Sekarang Juga’ tersebut berkerjasama dengan Dinas Perkim-LH, Pokdarwis Desa Pakam, dan Mapala UMSU, Selasa 14 Mei 2024.

Menggunakan kapal, mereka menyusuri desa-desa yang dilintasi sungai dan membersihkan semua sampah yang ada. Selain mengangkut sampah yang terapung, mereka juga turun langsung ke sungai untuk memungut langsung sampah yang terjebak lumpur.

Desa-desa yang dilintasi sungat tersebut adalah Desa Bandar Rahmat, Kelurahan Tanjung Tiram, Desa Bagan Arya, Desa Bagan Dalam, dan Desa Sukamaju. Kemudian, Desa Mesjid Lama, Desa Indrayaman, Desa Bogak, dan Desa Pahlawan.

“Dari kegiatan tersebut berhasil diangkut sampah seberat 300 Kg untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Desa Pasar Lapan, Kecamatan Air Putih,” kata Founder KPA Rumah Relawan, Ismail.

Dia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut dalam kegiatan tersebut. “Dengan terselenggaranya kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar,” katanya.

Ismail mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program jangka panjang dalam pengembangan sumber daya manusia terhadap lingkungan berbasis masyarakat dan pemerintah. “Harapan kami agar kiranya tidak ada masyarakat yang membuang sampah ke sungai demi keberlangsungan hidup masyarakat dan ekosistem yang ada di sungai, khususnya di Kabupaten Batu Bara,” sebutnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kanit Markas Polairud Batu Bara, Ipda Handrico Putra Kaban. Ia pun mengimbau kepada kepada masyarakat agar dapat menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. “Terutama menjaga kebersihan di laut dan sungai, jangan membuang sampah sembarangan,” terangnya. (dra)