― Advertisement ―

spot_img

SMPN 12 Tanjungbalai Gelar Karya dan Market Day

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 12 Tanjungbalai melaksanakan Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Market Day di halaman sekolah, Selasa 4 Juni 2024.
BerandaBatu BaraJalan Mulus, Mushalah Bagus

Jalan Mulus, Mushalah Bagus

Lima Puluh (Klik Cerah) – Rinai rintik hujan mengiringi saat Tim Koran Cerah melakukan peninjauan sejumlah proyek fisik pada program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 Tahun 2024 di Desa Simpang Gambus, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Rabu 20 Maret 2024.

Tak bermaksud lain, peninjauan dilakukan untuk melihat langsung bagaimana program tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat. Diawali meninjau rumah tak layak huni (RTLH) milik Surya Darma yang kini telah direhab menjadi bangunan permanen, dilanjutkan dengan peninjauan pembangunan jalan penghubung antar dusun sepanjang hampir 1 Km, dan rehab Mushalah Al Falah.

Jalan penghubung antar dusun tersebut merupakan urat nadi transportasi bagi warga Desa Simpang Gambus. Karena jalan tersebut juga menghubungkan wilayah desa dengan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). Awalnya, hanya sebagian kecil jalan ini yang beraspal mulus, sebagian besarnya sangat rusak sehingga sulit dilintasi.

Kini, seluruh jalan tersebut sudah mulus. Bagian jalan yang rusak telah dicor beton melalui program TMMD. Jalan yang dicor beton memiliki panjang 825 meter, lebar 3 meter, dengan ketebalan 20 Cm. Laju kendaraan warga yang awalnya terseok-seok saat melintasi jalan tersebut, saat ini bisa melaju dengan kencang.

Untuk memudahkan warga yang melintas, Pemkab Batu Bara harus melanjutkan pembangunannya. Terutama membangun pagar pembatas di sisi irigasi untuk meminimalisir dampak jika terjadi kecelakaan, sehingga pengguna jalan tak terperosok ke dalam saluran irigasi.

Peninjauan kemudian dilanjutkan ke Musahalah Al Falah yang berada di Jalinsum. Tempat ibadah tersebut kini telah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Cat bagunan yang awalnya kusam, kini ‘kinclong’ dengan dominan warna hijau. Sejumlah bagian lantai keramik juga telah diganti dengan yang baru. Toilet dan tempat wudhu yang merupakan bagian penting dari bangunan mushalah, juga telah direhab sehingga nyaman digunakan. Terakhir, sisi luar bagian mihrab, kini telah diplester dan dicat sehingga terlihat baru. (dra/nas)