― Advertisement ―

spot_img

Polres Batu Bara Gelar Lomba Marathon 5K

Lima Puluh (Klik Cerah) – Ribuan masyarakat Kabupaten Batu Bara mengikuti kegiatan olahraga bersama dan lomba marathon 5K yang digelar Polres Batu Bara dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Jumat 21 Juni 2024.
BerandaBatu BaraNizhamul: “Ternyata Saya Lihat Cermin di Belakang Sana”

Nizhamul: “Ternyata Saya Lihat Cermin di Belakang Sana”

Talawi (Klik Cerah) – Pj Bupati Batu Bara, Nizhamul SE MM, sempat terkejut dan menyindir secara halus panitia MTQN Ke-XVII Tingkat Kabupaten Batu Bara 2024. Ia melontarkan sindiran tersebut saat membuka acara yang digelar di Hotel Grand Malaka, Jalan Imam Bonjol, Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Selasa 5 Maret 2024.

Sindiran tersebut disampaikan Nizhamul setelah melihat lokasi acara yang terbilang sepi. Banyak pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah), dan pejabat Kabupaten Batu Bara yang tak hadir. Bahkan, dari 12 camat yang ada, hanya 2 orang yang hadir. “Saya kira panitia cukup pintar dalam membuat acara MTQ ini, saya kira tadi sangat ramai yang datang, ternyata saya lihat cermin di belakang sana,” sindir Nizhamul.

Acara pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Batu Bara ini memang tergolong ‘sederhana’, berbeda dengan kabupaten/kota lainnya saat yang menggelar acara yang sama. MTQ di Batu Bara digelar tanpa pawai ta’aruf, bukan di lapangan tapi di hotel, tanpa stand bazar, dan minim pejabat dan masyarakat yang hadir.

Sejumlah warga yang ditanya secara random rata-rata baru mentahui ada perhelatan MTQ pada hari ‘H’. Mereka baru mengetahui dari baliho, spanduk dan papan bunga yang terpampang di sepanjang jalan menuju Hotel Grand Malaka, tempat acara berlangsung. “Mungkin kalau tidak ada papan bunga sama baliho ini, kami gak tahu ada MTQ bang,” kata warga di sekitar hotel.

Kendati demikian masyarakat berharap ke depan kegiatan MTQ bisa lebih meriah dan diadakan di tempat terbuka, agar masyarakat bisa hadir dan menyemarakkan kegiatan syiar Islam tersebut.

Kembali ke Nizhamul. Dalam sambutannya ia menyampaikan pengembangan kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu perhatian penting pemerintah saat ini. Salah satu program yang nyata dan terus dilakukan adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai-nilai keagamaan. Diantara program peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan itu adalah melalui kegiatan MTQ.

“Pelaksanaan MTQ tahun ini kita laksanakan dengan tema: Raih Syafaat Al Quran Menuju Generasi Bangkit dan Religius. Dengan kegiatan ini pemerintah juga telah menunjukkan komitmen terhadap pentingnya membentuk kepribadian generasi muda yang beradab dan berakhlaqul Karimah. Saya berharap kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk mengimplementasikan nilai-nilai Al Quran di tengah perkembangan modernisasi teknologi,” ujarnya.

Ia kemudian mengucapkan selamat berkompetisi kepada segenap peserta. “Tunjukkan segenap kemampuan saudara semaksimal mungkin, sehingga tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan. Hikmah membaca dan mempelajari Al Quran jauh lebih besar dari status menang. Untuk itu berkompetisilah semaksimal mungkin dengan kebesaran hati.

Insyaallah kegiatan ini akan memberikan berkah yang luar biasa bagi saudara-saudara sekalian. Kepada dewan hakim atau dewan juri, saya berharap laksanakan tugas dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan. Jadikan MTQ ini sebagai jalan untuk menggapai ridho Allah SWT,” ucapnya.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Asisten I Setdakab Batu Bara, Rusian Heri S Sos, dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Batu Bara Nomor: 231/KESRA/2024, kemudian Nomor: 232/KESRA/232, dan Nomor : 404.14.4.2/1155/2024 Tanggal 27 Februari 2024 Tentang Pemberitahuan, Pembentukan Panitia Penyelenggara MTQ ke-XVII Tingkat Kabupaten Batu Bara Tahun 2024.

Lebih lanjut ia menyampaikan, kegiatan ini diikuti oleh 12 kafilah sesuai jumlah kecamatan di Kabupaten Batu Bara dengan jumlah peserta sebanyak 410 orang. Adapun cabang yang akan dipertandingkan adalah Cabang Tilawah, Qiraat Quran, Hafalan Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Seni Tulis (Kaligrafi) Al-Quran, Tulisan Ilmiah Al-Quran, Serta Hafalan Hadits Nabi.

“Bagi para pemenang dan peserta terbaik akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Batu Bara berupa piagam, trofi dan uang pembinaan, yang keseluruhan dananya berasal dari APBD kabupaten Batu Bara,” tandasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelantikan dewan hakim dan pembacaan naskah dewan hakim yang telah ditandatangani oleh Pj Bupati Batu Bara, serta penyematan toga kepada ketua dewan hakim, hakim 1 dan 2, dilanjutkan dengan foto bersama. (dan)