― Advertisement ―

spot_img

Polres Batu Bara Gelar Lomba Marathon 5K

Lima Puluh (Klik Cerah) – Ribuan masyarakat Kabupaten Batu Bara mengikuti kegiatan olahraga bersama dan lomba marathon 5K yang digelar Polres Batu Bara dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Jumat 21 Juni 2024.
BerandaBatu BaraNizhamul Buka TMMD Ke-119 2024 di Simpang Gambus

Nizhamul Buka TMMD Ke-119 2024 di Simpang Gambus

Lima Puluh (Klik Cerah) – Guna mendukung upaya membangun dan meningkatkan infrastruktur serta kesejahteraan masyarakat, Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul SE MM menghadiri sekaligus menjadi Inspektur Upacara (Irup) pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 Tahun 2024. Kegiatan berlangsung di Lapangan Sepak Bola Simpang Gambus, Kecamatan Lima Puluh, Selasa 20 Februari 2024.
Kegiatan diawali laporan Dandim 0208/AS, Letkol Inf Muhamad Bassarewan SHub Int, sebagai Dansatgas TMMD Ke-119 Tahun 2024. Turut hadir dalam acara itu, Danrem 022/PT Kolonel Inf Agustatius Sitepu SSos MSi, Danyonif 126/KC (Kala Cakti) Letkol Inf Fernando Batubara, Kapolres Batubara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SIK MH, Kajari Batu Bara Amru Siregar SH MH, serta pimpinan OPD Pemkab Batubara.
Pada kesempatan tersebut Nizhamul mengucapkan terimakasih kepada TNI yang telah bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengadakan program TMMD di wilayah Pemerintahan Kabupaten Batu Bara.
“Ini adalah bukti nyata, kolaborasi yang kuat antara institusi pemerintah dan TNI dalam upaya membangun dan meningkatkan infrastruktur serta kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Batu Bara,” ucapnya.
Nizhamul menyebut TMMD adalah program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah, dengan sasaran pokok peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan fokus pada pengembangan infrastruktur, peningkatan kualitas lingkungan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan meningkatkan aksesibilitas serta kualitas pelayanan publik.
“Saya berharap melalui TMMD ini, solidaritas dan sinergitas antara TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat, dapat senantiasa terjalin erat. Kita semua adalah komponen bangsa yang sudah seharusnya bergandengan tangan, saling bahu-membahu mengatasi berbagai kesulitan dan keterbatasan,” lanjutnya.
Dia menambahkan, semangat dan kontribusi nyata dari TNI, Pemda dan masyarakat yang manunggal, akan mewujudkan kemajuan daerah sesuai dengan tagline Batu Bara Bangkit, yaitu bersih, amanah, network, global, kualitas, inovatif dan transparan.
Sementara Dandim O208/AS, Letkol Inf Muhamad Bassarewan SHub Int, mengatakan kegiatan ini untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan. “Kegiatan TMMD ini terbagi dalam 2 jenis sasaran, yaitu fisik dan non fisik dengan masa waktu pelaksanaan selama 30 hari,” sebutnya.
Adapun sasaran fisik di antaranya, kegiatan pekerjaan peningkatan ruas jalan menggunakan Cor Beton di Desa Simpang Gambus, Kecamatan Lima Puluh, sepanjang 825 Meter, lebar 3 Meter dan tebal 20 CM. Kegiatan Rehab Mushollah Al-Falah di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Dusun VIII Simpang Gambus, dan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) di Dusun VI Desa Simpang Gambus.
Kemudian sasaran kegiatan non fisik diantaranya, penyuluhan mitigasi bencana, penyuluhan masuk prajurit, penyuluhan bahaya terorisme dan paham radikalisme, penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan KB Kesehatan, penyuluhan peternakan, penyuluhan kamtibmas, dan penyuluhan narkoba.
“Kemudian, penyuluhan pertanian, penyuluhan lingkungan hidup, penyuluhan hukum, penyuluhan kerukunan umat beragama dan penyuluhan posyandu, posbindu PTM dan stunting,” sebutnya. (*/rel)