― Advertisement ―

spot_img

SMPN 12 Tanjungbalai Gelar Karya dan Market Day

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 12 Tanjungbalai melaksanakan Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Market Day di halaman sekolah, Selasa 4 Juni 2024.
BerandaBatu BaraGapura dan Rumah Jaga Yonif 126/KC Diresmikan

Gapura dan Rumah Jaga Yonif 126/KC Diresmikan

Sei Balai (Koran Cerah) – Batalyon Infanteri (Yonif) 126 Kala Cakti (KC) melakukan peresmian Gapura dan Rumah Jaga Markas Komando (Mako), Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Desa Benteng Jaya, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara, Jumat 2 Februari 2024.

Hadir dalam acara tersebut Komandan Brigade Infanteri (Dan Brigif) 7/Rimba Raya (RR), Letkol Inf Aidil Amin SIP; Komandan Yonif (Danyon) 126/KC, Letkol Inf Fernando Batubara, pejabat Forkopimda Kabupaten Batu Bara, Kabupaten Asahan, dan Kota Tanjungbalai. Di antaranya, Pj Bupati Batu Bara, Nizhamul SE MM; Kapolres Batu Bara, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb.

Kemudian, Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar SSos MSi; Kajari Asahan, Dedyng Wibiyanto Atabay SH MH; Ketua PN Kisaran, Halida Rahardini SH MH; Kapolres Asahan, AKBP Afdhal Junaidi; dan Danlanal TBA, Letkol Wido Dwi Nugraha, dan Dandim 0208/Asahan, Letkol Muhammad Bassarewan.

Peresmian gapura dan rumah jaga tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Pj Bupati Batu Bara, Nizhamul, bersama dan Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar. Dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Nizhamul, Dan Brigif 7/RR, Danyon 126/KC, dan masyarakat yang menghibahkan tanahnya untuk fasilitas Mako Yonif 126/KC.

Gapura yang diresmikan berlambang Brigrif 7/RR dan Yonif 126/KC. Ada juga gambar sangkur terhunus berwarna hitam dan 4 pilar penyangga yang mengandung arti Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI dan 10 Azas Kepemimpinan.

Dalam laporannya, Danyon 126/KC, Letkol Inf Fernando Batubara, mengatakan pembangunan Gapura beserta Rumah Jaga Yonif 126/KC dimulai sejak Mei hingga Desember tahun 2023.

Menurutnya, gapura dan rumah jaga tersebut merupakan unsur penting dan bernilai strategis dalam upaya meningkatkan semangat, kehormatan satuan, dan mutu pelayanan kepada bangsa, negara dan masyarakat.

“Pembangunan gapura ini juga merupakan implementasi rasa syukur Batalyon Infanteri 126/KC yang sudah 61 tahun berdiri dan telah memberikan sumbangsih yang cukup besar dalam menegakkan kedaulatan negara dan menjaga kedaulatan wilayah dan terus berupaya manunggal dengan rakyat,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Batu Bara, Nizhamul, mengungkapkan bahwa gapura ini sebuah simbol kekuatan, kemajuan dan semangat persatuan para personel Yonif 126/KC. “Gapura ini merupakan pintu gerbang bagi seluruh orang yang akan memasuki Yonif 126/Kala Cakto yang akan selalu dikenang,” sebutnya.

Usai pelepasan balon ke udara sebagai pertanda peresmian telah dilakukan, kemudian dilakukan pemberian santunan dan penali kasih kepada kaum dhuafa sebagai bentuk Kemanunggalan TNI dan rakyat. (nas)