― Advertisement ―

spot_img

Polres Batu Bara Gelar Lomba Marathon 5K

Lima Puluh (Klik Cerah) – Ribuan masyarakat Kabupaten Batu Bara mengikuti kegiatan olahraga bersama dan lomba marathon 5K yang digelar Polres Batu Bara dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Jumat 21 Juni 2024.
BerandaAsahan‘Mangrove Batu Bara’ Antarkan Rumondang Raih Gelar Doktor Cumlaude

‘Mangrove Batu Bara’ Antarkan Rumondang Raih Gelar Doktor Cumlaude

Kisaran (Klik Cerah) – Dosen di Program Studi (Prodi) Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian Universitas Asahan (UNA), Dr Rumondang Tampubolon SPi MSi, berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Kelautan dari Universitas Riau (Unri).

Dalam ujian disertasinya, Dr Rumondang mempertahankan karya ilmiahnya yang berjudul: “Strategi Pengelolaan Ekosistem Mangrove Berkelanjutan Berbasis Sistem Sosial Ekologi dan Ekonomi di Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatra Utara”.

Disertasinya dibimbing oleh promotor Prof Dr Ir Feliatra DEA, serta dua ko-promotor, Dr Dessy Yoswaty SPi MSi, dan Dr Trisla Warningsih SPi MSi. Dia menyelesaikan studinya dalam waktu 2,9 tahun dengan Predikat Cumlaude, menjadikannya salah satu lulusan doktor tercepat di kampus tersebut.

Penelitian ini menghasilkan strategi pengelolaan yang disebut “Rufeldetri”, yang mengintegrasikan aspek ekologi, ekonomi, sosial, dan kelembagaan dalam pengelolaan berkelanjutan ekosistem mangrove.

Atas pencapaian ini, Dr Rumondang menyampaikan terimakasih kepada berbagai pihak, termasuk Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs Mapilindo MPd, Rektor UNA Prof Dr Tri Harsono MSi, para Wakil Rektor, Dekan Fakultas Pertanian Safruddin SP MMA, serta dosen dan staf Fakultas Pertanian.

Rektor UNA Prof Dr Tri Harsono MSi, mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi Dr Rumondang. “Dengan diraihnya gelar doktor oleh dosen Budidaya Perairan Rumondang Tampubolon, jumlah dosen bergelar doktor di UNA semakin bertambah. Ini adalah pencapaian luar biasa yang diharapkan dapat menginspirasi dosen-dosen lainnya di UNA,” ujarnya.

Menurutnya, prestasi Dr Rumondang tidak hanya membawa kebanggaan bagi dirinya sendiri tetapi juga bagi UNA dan dunia akademik secara keseluruhan. Keberhasilannya menjadi inspirasi bagi rekan-rekan dosen dan mahasiswa dalam menjalani proses akademik dan penelitian yang berkualitas. (*/rel)