― Advertisement ―

spot_img

Polres Batu Bara Gelar Lomba Marathon 5K

Lima Puluh (Klik Cerah) – Ribuan masyarakat Kabupaten Batu Bara mengikuti kegiatan olahraga bersama dan lomba marathon 5K yang digelar Polres Batu Bara dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Jumat 21 Juni 2024.
BerandaAsahanBupati Asahan Buka Bimtek Peningkatan Nilai Implementasi Sakip

Bupati Asahan Buka Bimtek Peningkatan Nilai Implementasi Sakip

Kisaran (Klik Cerah) – Bupati Asahan H Surya BSc membuka secara langsung Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Nilai Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) Pemerintah Kabupaten Asahan di Aula Melati, Selasa 4 Juni 2024.
Surya dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan bimtek, dengan harapan Asahan dapat meraih Sakip dengan tingkat Akuntabilitas Kinerja BB.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa Sakip memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya peningkatan penyelenggaraan pemerintah, yaitu sebagai alat untuk memperbaiki kebijakan serta mendorong instansi pemerintah untuk melakukan Inovasi dalam mendisain program kegiatan,” katanya.

Selaras dengan hal tersebut, lanjutnya, Pemkab Asahan telah melakukan upaya berupa penandatanganan nota kesepahaman peningkatan nasional, khususnya di bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk pengembangan Sumber daya Manusia, pengembangan Ekonomi dan Tata Kelola Pemerintahan anatara Pemerintah Kabupaten Asahan dengan Universitas Brawijaya Malang.

Selajutnya, melakukan inovasi berupa pembangunan aplikasi SEMAKINPAS yang ditujukan untuk penginputan dokumen perencanaan berupa pohon kinerja, renja, pagu anggaran, rencana aksi (renaksi), laporan kinerja (LKJ), perjanjian kinerja (PK), dan indikator kinerja utama (IKU). Berguna untuk mengetahui perangkingan OPD dari beberapa aspek penilaian, capaian kinerja indikator tujuan dan sasaran perangkat serta aplikasi ESAKA yang digunakan sebagai tools mengevaluasi keselarasan dokumen perencanaan, pemanfaatan laporan kinerja dalam memperbaiki kinerja tahun berikutnya dan pemanfaatan hasil evaluasi internal perbaikan akuntabilitas diperangkat daerah oleh Inspektorat Kabupaten Asahan. (*/kom)