― Advertisement ―

spot_img

SMPN 12 Tanjungbalai Gelar Karya dan Market Day

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 12 Tanjungbalai melaksanakan Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Market Day di halaman sekolah, Selasa 4 Juni 2024.
BerandaAsahanAstara Plus Labura Sepakat Bentuk TRC Penanggulangan Bencana

Astara Plus Labura Sepakat Bentuk TRC Penanggulangan Bencana

Kisaran (Klik Cerah) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan, Drs John Hardi Nasution MSi, membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pendampingan dan Pembinaan Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana Multi Sektor Kabupaten Asahan, Kota Tanjungbalai, Batu Bara (Astara) dan Labuhan Batu Utara (Labura) di Aula Melati, Kantor Bupati Asahan, Kamis 6 Juni 2024.

Pada kesempatan tersebut Kepala BPBD Sumut melalui Kasubbid Penata Penanggulangan Bencana, Sofyan ST mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah membantu dan mendukung kegiatan rakornis ini. Sofyan mengatakan, BPBD Provsu siap mendukung dan membantu Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara dalam pembentukan TRC.

Sementara, John Hardi Nasution mengatakan, TRC penanggulangan bencana merupakan suatu tim yang memegang peran penting untuk melakukan pengkajian secara cepat dan tepat di lokasi bencana termasuk mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah korban, kerusakan sarana dan prasarana, gangguan terhadap fungsi pelayanan umum pemerintahan serta kemampuan baik Sumber Daya Alam maupun buatan.

“Kajian cepat ini diperlukan dalam upaya untuk mengetahui kebutuhan penanganan darurat di wilayah bencana yang terjadi tentunya diperlukan tim yang memiliki kemampuan, kerjasama dan punya satu persepsi yang sama dalam penanganan darurat bencana hingga akhirnya dapat melahirkan suatu kesimpulan akan perlu atau tidaknya rekomendasi untuk ditetapkannya suatu keadaan darurat bencana untuk kemudahan-kemudahan akses dalam penanganan keadaan darurat bencana. Oleh karena itu maka perlunya penyamaan persepsi dan cara pandang terkait TRC penanggulangan bencana ini”, ujarnya.

Pemerintah kabupaten Asahan, lanjutnya, menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini. “Kami mengharapkan agar kegiatan rapat koordinasi ini benar-benar memberi manfaat sebagai forum untuk menggali pengetahuan tentang penanggulangan bencana khususnya di wilayah kita masing-masing, lakukan diskusi serta tanya jawab dengan para narasumber agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai sebagaimana yang diharapkan,” tandasnya. (*/kom)