― Advertisement ―

spot_img

Polres Batu Bara Gelar Lomba Marathon 5K

Lima Puluh (Klik Cerah) – Ribuan masyarakat Kabupaten Batu Bara mengikuti kegiatan olahraga bersama dan lomba marathon 5K yang digelar Polres Batu Bara dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Jumat 21 Juni 2024.
BerandaAsahanMTsN 1 Asahan Terapkan Program Pembiasaan Menulis Ayat Al Quran

MTsN 1 Asahan Terapkan Program Pembiasaan Menulis Ayat Al Quran

Kisaran (Klik Cerah) – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Asahan berkomitmen menjalankan program pembiasaan menulis ayat-ayat suci Al Quran. Program ini telah berjalan sejak awal Tahun Ajaran Baru 2023/2024 lalu. Demikian keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis 30 Mei 2024.

Program ini bertujuan untuk melatih peserta didik menuliskan huruf-huruf Arab, khususnya ayat suci Al Quran supaya lebih rapi dan indah, sekaligus menghafalkan apa yang mereka tulis. Program ini sejalan dengan standar kompetensi lulusan peserta didik tingkat Madrasah Tsanawiyah di bidang keagamaan yang ditetapkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Sumatera Utara (Kakanwil Kemenag Sumut).

Di mana, salah satu kompetensi yang harus dicapai tingkat Madrasah Tsanawiyah adalah hafal seluruh ayat dari Juz 30. Jadi sembari menghafal bacaan tapi juga harus menuliskannya secara baik dan benar.

Dalam pelaksanaannya, setiap peserta didik menyetor tulisan ayat suci Al Quran kepada guru yang bertugas piket setiap hari. Kemudian setiap bulan, buku yang berisi tulisan ayat suci Al Quran akan diperiksa dan direkap oleh wali kelasnya masing-masing. Kemudian, diranking berdasarkan kategori tulisan terbanyak, ketepatan huruf dan barisnya, serta keindahan tulisan.

Kepala MTs Negeri 1 Asahan, Abdul Kadir Sinaga SPdI, menjelaskan program ini adalah bentuk inovasi terhadap standar kompetensi lulusan keagamaan peserta didik tingkat Madrasah Tsanawiyah yang ditetapkan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara beberapa tahun yang lalu.

“Jadi nantinya setiap akhir tahun pelajaran peserta didik yang mendapatkan nominasi sepuluh besar akan menerima reward dari pihak madrasah,” terangnya. (*/hum)