― Advertisement ―

spot_img

Polres Batu Bara Gelar Lomba Marathon 5K

Lima Puluh (Klik Cerah) – Ribuan masyarakat Kabupaten Batu Bara mengikuti kegiatan olahraga bersama dan lomba marathon 5K yang digelar Polres Batu Bara dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Jumat 21 Juni 2024.
BerandaAsahanBabinsa Koramil 13 dan Koramil 14 Bantu Petani Wujudkan Hanpang

Babinsa Koramil 13 dan Koramil 14 Bantu Petani Wujudkan Hanpang

Buntu Pane (Klik Cerah) – Kodim 0208/Asahan memerintahkan jajaran Koramil untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat dalam rangka upaya pencapaian swasembada pangan di desa binaan. Di antaranya dilakukan oleh Koramil 13/Buntu Pane dan Koramil 14/Bandar Pasir Mandoge. Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari kedua Koramil ini melakukan pendampingan intensif kepada petani untuk peningkatan produksi pangan.

Dalam keterangan tertulis, ini merupakan bagian dari pelaksanaan KASAD, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, yakni “Point Utama Gerilya Adalah Memenangkan Hati Rakyat, Minimal Kamu Tidak Menyakiti Hati Rakyat, Kalau Bisa Tingkatkan Kesejahteraannya”.

Seperti yang dilaksanakan Serda Hendro Sucipto, Babinsa Koramil 13/Buntu Pane, di bawah Pimpinan Kapten (Kav) Basri Lubis, melakukan pendampingan dan membantu perawatan ketahanan pangan (Hanpang) di lahan singkong milik Sarman, petani warga Dusun I Pekan, Desa Tinggi Raja, Kecamatan Tinggi Raja, Kabupaten Asahan, Rabu 24 April 2024.

Sebagai Babinsa yang menjadi garda terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan (Hankam) wilayah teritorial, jiwa Patriot Serda Hendro Sucipto selalu terpanggil untuk membantu warga binaan terutama para petani agar dapat meningkatkan hasil bumi sebagaimana yang telah dicanangkan pemerintah bersama TNI AD dalam mewujudkan ketahanan pangan.

Ini juga sesuai dengan Dandim 0208/AS Letkol Inf Muhamad Bassarewan SHub Int kepada seluruh personel Kodim 0208/AS terutama Babinsa agar selalu memonitor faktor keamanan wilayah binaan dan melakukan komunikasi sosial yang baik terhadap masyarakat karena ‘Ibu Kandung’ TNI adalah Rakyat.

Sehari sebelumnya, Selasa 23 April 2024, dengan tujuan yang sama, Sertu Sudarman, Babinsa Koramil 14/Bandar Pasir Mandoge, juga turut serta membantu dalam pelaksanaan ketahanan pangan dengan cara membantu membersihkan rumput sekaligus memberikan pupuk pada tanaman jagung milik warga binaan di Dusun lV Desa Gotting Sidodadi, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge.

Selain membantu warga binaan dalam bercocok tanam agar tanamannya semakin subur dan hasil panen meningkat, kegiatan ini kerap dilakukan Sertu Sudarman terhadap warga binaan lainnya dengan tujuan menjalin silaturrahmi dan kedekatan sosial terhadap warganya. Juga, sekaligus monitoring faktor keamanan yang terjadi di wilayah kerja Koramil 14/Bandar Pasir Mandoge yang dipimpin Kapten (Arm) VB Hutagaol. (*/pen)