― Advertisement ―

spot_img

Polres Batu Bara Gelar Lomba Marathon 5K

Lima Puluh (Klik Cerah) – Ribuan masyarakat Kabupaten Batu Bara mengikuti kegiatan olahraga bersama dan lomba marathon 5K yang digelar Polres Batu Bara dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Jumat 21 Juni 2024.
BerandaAsahanMTsN 1 Asahan Gelar Lomba Tari Kreasi dan Busana Muslim SD/MI

MTsN 1 Asahan Gelar Lomba Tari Kreasi dan Busana Muslim SD/MI

Kisaran (Klik Cerah) – Lomba Tari Kreasi dan Busana Muslim/Muslimah tingkat SD/MI merupakan salah satu agenda pengenalan dan sosialisasi dalam rangka persiapan PPDB tahun pelajaran 2024-2025 di MTsN 1 Asahan, dengan tema “Lomba Adu Bakat 1″. Acara diselenggarakan di halaman madrasah, pekan lalu.

Lomba dimulai sekitar pukul 08.30 WIB dan berlangsung hingga menjelang waktu Zuhur. Lomba diikuti oleh perwakilan dari berbagai sekolah/madrasah tingkat dasar/ibtidaiyah yang berasal dari berbagai wilayah yang ada di sekitar madrasah antara lain; Kecamatan Rawang Panca Arga, Kecamatan Meranti, Kecamatan Kisaran Timur, dan Kecamatan Silau Laut, yang berjumlah 11 sekolah/madrasah, yang terdiri 11 grup tari dan 20 orang siswa peserta lomba busana muslim/muslimah.

Adapun perwakilan peserta lomba yang mendaftar pada panitia antara lain; SD IT At-thoyibah Meranti Kecamatan Meranti, UPTD SD Negeri 015864 Kecamatan Rawang Panca Arga, MIS Muhammadiyah Rawang Kecamatan Rawang Panca Arga, UPTD SD Negeri 014698 Silo Lama Kecamatan Silau Laut, MiIN 10 Asahan Kecamatan Kisaran Timur, MIN 2 Asahan Kecamatan Rawang Panca Arga, MIS Pasar 4 Kecamatan Rawang Panca Arga, SD Negeri 010247 Silo lama Kecamatan Silau Laut, UPTD SD Negeri 014687 Rawang pasar 4 Kecamatan Rawang Panca Arga, MIS TPI Banjar Kecamatan Silau Laut, dan UPTD SD Negeri 014613 Panca Arga Kecamatan Rawang Panca Arga.
Lomba Tari Kreasi dilaksanakan secara beregu dengan jumlah personil minimal 5 orang.

Anggota regu tari boleh semua perempuan, boleh semua laki-laki, dan boleh gabungan laki-laki dan perempuan. Panitia menetapkan bahwa tema tari adalah kreasi daerah yang berakar pada budaya Indonesia, dengan kostum dan properti menyesuaikan. Sedangkan untuk lomba busana muslim/muslimah panitia menetapkan bahwa peserta lomba mengenakan busana muslim/muslimah dan bersifat perorangan. Selanjutnya setiap satuan pendidikan hanya boleh mengirimkan satu peserta putra dan satu peserta Putri.

Pada acara pembukaan, Kepala MTs Negeri 1 Asahan, Abdul Kadir Sinaga SPdI, menyampaikan kegiatan seperti ini merupakan hal yang pertama sekali dilakukan di madrasah ini. Di mana salah satu tujuannya adalah untuk menjalin silaturahim dengan berbagai sekolah/madrasah yang ada di wilayah kecamatan yang berdekatan dengan lokasi MTsN 1 Asahan.

“Sebab selama ini wilayah Kecamatan Rawang Panca Arga sebagai tempat madrasah kita berdomisili agak terisolir dari kecamatan-kecamatan tetangga berhubung akses jalan yang kurang memadai. Dan kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah yang telah membangun jalan permanen (hotmix) yang menghubungkan wilayah ini dengan berbagai kecamatan tetangga yang ada di sekitarnya, sehingga kita berharap MTsN 1 Asahan semakin mudah dijangkau dan dikenal oleh masyarakat dari wilayah-wilayah di luar kecamatan ini,” ungkapnya.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini selain terjalin silaturahim, anak-anak juga semakin mencintai budaya daerahnya dan bangga untuk mengenakan busana muslim/muslimah di tengah-tengah keluarga maupun masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Panitia, Ummiati Nasution SPdI, mengaku bersyukur dan lega, karena kegiatan lomba yang digagas oleh Zulfa Sujja SPdI dan didukung sepenuhnya oleh Kepala MTsN 1 Asahan dan seluruh Wakil Kepala Madrasah, khirnya dapat berjalan dengan lancar, aman, dan sukses sebagaimana yang diharapkan.

“Meskipun ada kekurangan di sana-sini berkat kerjasama dan kekompakan dari seluruh unsur kepanitiaan, akhirnya bisa diatasi. Atas kerjasama seluruh pihak kami mengucapkan ribuan banyak terima kasih,” tukasnya. (*/rel)