― Advertisement ―

spot_img

SMPN 12 Tanjungbalai Gelar Karya dan Market Day

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 12 Tanjungbalai melaksanakan Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Market Day di halaman sekolah, Selasa 4 Juni 2024.
BerandaAsahanSD Methodist 2 Kisaran dan SDN 013864 Lubuk Palas ‘Jawara’

SD Methodist 2 Kisaran dan SDN 013864 Lubuk Palas ‘Jawara’

Kisaran (Klik Cerah) – Siswa SD Swasta Methodist 2 Kisaran, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Eirine C Corlyne Simanjuntak, dan siswa SDN 013864 Lubuk Palas, Kecamatan Silau Laut, Nadhira Faihansa Sinuraya, jadi ‘Jawara’ di Pra Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten Asahan.

Kedua siswa tersebut meraih predikat Juara I pada kegiatan yang digelar Dinas Pendidikan (Disdik) Asahan di UPTD SDN 010086 Selawan, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kamis 29 Februari 2024.

Eirine C Corlyne Simanjuntak Juara I Bidang Studi Matematika, sedangkan Nadhira Faihansa Sinuraya Juara I Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Keduanya bakal mewakili Asahan pada kegiatan ONS tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Sebelumnya, acara diawali dengan sambutan Ketua Panitia yang juga Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Disdik Asahan, Andi Rusada Sitorus SPd MM. Dalam laporannya Andi menyampaikan OSN kali ini mengangkat tema: “Merdeka Berprestasi, Talenta Sains Menginspirasi”.

Andi mengatakan, kegiatan ini diikuti 134 peserta dari SD Negeri dan Swasta, utusan dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan. Masing-masing 67 peserta pada Cabang Bidang Studi Matematika, dan 67 peserta pada cabang IPA.

Mantan Korwil SD Kecamatan Bandar Pasir Mandoge ini menambahkan, kegiatan ini merupakan ajang pelatihan atau pra OSN, sebelum nantinya melaksanakan OSN yang sesungguhnya yang akan dilaksanakan secara daring. Ia pun berharap walau hanya pra OSN, tetapi peserta harus mengikutinya dengan sungguh-sungguh agar nantinya dapat menjadi perwakilan Kabupaten Asahan di tingkat provinsi dan nasional.

Kepala Disdik Asahan, Drs H Supriyanto MPd, dalam pidato pembukaannya mengucapkan selamat kepada para peserta yang ikut Pra OSN jenjang SD tersebut.

“Tadi panitia menyampaikan 134 siswa yang mengikuti pra OSN kali ini, padahal ada lima puluh enam ribu siswa yang berada di Kabupaten Asahan dan kalianlah yang terpilih untuk mewakili kecamatan masing-masing. Jadi kalian harus bangga dan manfaatkan kesempatan ini untuk berprestasi di tingkat kabupaten. Jika terpilih bisa ke tingkat yang lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Supriyanto juga berterimakasih kepada kepala sekolah dan guru yang telah mendampingi para siswanya. “Tentu ini menjadi barometer dan indikator bagi kami apakah sekolah yang bapak atau ibu kelola itu berprestasi atau tidak, minimal sampai di tingkat kecamatan. Dan tentu kami akan memberikan reward bagi sekolah yang berprestasi. Saya berharap agar para koordinator wilayah untuk memantau kinerja kepala sekolah dan guru di wilayah tugas masing-masing,” ungkapnya.

Terakhir Supriyanto berpesan, bagi peserta yang berhasil jangan cepat merasa puas dan sombong, sebab perjalanan masih panjang. Dan, bagi siswa yang belum berhasil agar tidak kecewa dan tetap semangat, kembali belajar untuk tahun berikutnya.

Kemudian tibalah saat nama-nama peserta pemenang diumumkan panitia. Para pemenang tersebut akan mendapatkan pembinaan instensif sebelum dikirim mewakili Kabupaten Asahan pada gelaran OSN tingkat provinsi.

Terpisah, Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Kota Kisaran Barat, E Margolang SPd, dan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Kota Kisaran Barat, Zaharuddin Sinaga SPd, mengucapkan syukur atas prestasi utusan kecamatannya yang meraih Juara I Bidang Studi Matematika dan Juara 2 Bidang Studi IPA. “Tentunya hal ini tidak terlepas dari kerjasama dan pembinaan dalam membina seluruh SD yang ada di Kecamatan Kota Kisaran Barat,” sebut Margolang. (dan)

Juara Pra OSN Jenjang SD Tingkat Kabupaten Asahan 2024

Matematika:

1. Juara 1: Eirine C Corlyne Simanjuntak, asal SDS Methodist 2 Kisaran, Kecamatan Kota Kisaran Barat.
2. Juara 2: Anisa Jenny Anjani, asal UPTD SDN 014679 Bangun Sari, Kecamatan Setia Janji.
3. Juara 3: Farhandi Fratama Sirait, asal UPTD SDN 016525 Urung Pane, Kecamatan Setia Janji.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA):

1. Juara 1: Nadhira Faihansa Sinuraya, asal UPTD SDN 013864 Lubuk Palas, Kecamatan Silau Laut.
2. Juara 2: Viktoria Jonson, asal SDS Maitreyawira, Kecamatan Kota Kisaran Barat.
3. Juara 3: Faldez Raffael, asal UPTD SDN 010144 Perkebunan Bandar Selamat, Kecamatan Aek Songsongan.