― Advertisement ―

spot_img

Polres Batu Bara Gelar Lomba Marathon 5K

Lima Puluh (Klik Cerah) – Ribuan masyarakat Kabupaten Batu Bara mengikuti kegiatan olahraga bersama dan lomba marathon 5K yang digelar Polres Batu Bara dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Jumat 21 Juni 2024.
BerandaAsahanFakultas Hukum UNA Gelar Law Fair 2024 Batch II

Fakultas Hukum UNA Gelar Law Fair 2024 Batch II

Kisaran (Klik Cerah) – Pengurus Komunitas Peradilan Semu Fakultas Hukum Universitas Asahan (KPS FH UNA) melaksanakan Opening Ceremony Law Fair 2024 Batch II di Aula Fakultas Hukum, Jalan Latsitarda, Kisaran, Senin 26 Februari 2024.

Hadir pada kegiatan itu, Sekretaris Yayasan UNA Ir Lokot Ridwan Batubara MSi, Wakil Rektor III UNA Bidang Kemahasiswaan Ir Ansoruddin, Dekan FH UNA Assoc Prof Dr Bahmid SH MKn, peserta Debat Perguruan tinggi dan SMA serta Internal Fakultas Hukum UNA.
Ketua Panitia Muhammad Khadafi dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini mengusung tema: Sinergitas Pemuda Merajut Semangat Persatuan dan Kesatuan Guna Mencegah Disintegrasi Bangsa. Acaranya berlangsung selama 4 hari, Senin-Kamis 26-29 Februari 2023, dan bisa ditonton melalui live streaming Channel Youtube FH UNA.

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, terdiri dari 17 tim dari 7 perguruan tinggi diantaranya Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammmadiyah Asahan dan UNA.

Selain itu juga, 17 tim dari 9 SMA/sederajat ikut ambil bagian dalam kompetisi debat di antaranya SMAN 2 Binjai, SMAN 2 Kisaran, SMAN 4 Kisaran, SMK 1 Kisaran, MAN Asahan, SMA Swasta Methodist 2 Kisaran, SMAN 1 Air Joman, SMAN 4 Tanjungbalai dan SMAN 1 Tanjung Tiram.

“Sedangkan untuk Lomba Video Kreatif berjumlah 5 orang dan Lomba Karya Opini berjumlah 10 orang. Adapun kompetisi yang dilombakan yang terdiri dari Debat Hukum Antar Perguruan Tinggi Tingkat Nasional, Debat SMA/sederajat Tingkat Nasional, Video Kreatif dan Karya Tulis Opini,” kata Muhammad Khadafi.

Sebagai juri untuk debat antar perguruan tinggi, yaitu Dr Mangaraja Manurung SH MH, Rapika Muspita Sari SPd MPd dan Ketua Peradi Astara (Asahan Tanjungbalai Batu Bara) Tri Purnomowidodo SH. Lalu juri untuk debat antar SMA/sederajat yakni Nurliana Ritonga SH MHum, Suriani SH MH dan Dian Marwa SH.

Khadafi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengukur kemampuan dan wawasan mahasiswa Fakultas Hukum UNA serta para pelajar SMA/Sederajat, menambah pengetahuan dalam menggali pelajar SMA/Sederajat terkait dengan tema yang diajukan guna meningkatkan pemikiran kritis antar mahasiswa, mengembangkan kreativitas mahasiswa dan pelajar dalam mengolah pesan, makna menjadi sebuah karya audio visual yang dapat dinikmati publik dan untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas dalam mendesain poster yang diharapkan dapat mengedukasi masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai sarana pengembangan kreativitas mahasiswa dan pelajar di bidang debat serta kemampuan komunikatif, baik bagi peserta maupun panitia dapat di tingkatkan lagi dan banyak peminatnya,” harapnya.

Dekan FH UNA Assoc Prof Dr Bahmid SH MKn dalam sambutan pembukaannya mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi luar biasa kepada KPS FH UNA yang telah menggagas, melaksanakan kegiatan Law Fair 2024 Batch II yang mana pada tahun lalu hanya diikuti beberapa sekolah dan perguruan tinggi internal saja. Akan tetapi pada kegiatan kali ini diikuti oleh sejumlah perguruan tinggi yang berada di Pulau Sumatera. Karenanya, dia mengucapkan terima kasih kepada sekolah yang telah berpartisipasi.

“Saya melihat sekolah-sekolah yang membuat video promosi itu sangat kreatif, sehingga tadi malam saya menghubungi ketua panitia untuk menghargai kreativitas dari adik-adik SMA itu. Bagi video yang sudah dipublish di instagram KPS FH-UNA like, share dan follow terbanyak maka itu pemenangnya serta hadiahnya khusus dari Dekan FH UNA,” ungkapnya.

Dia juga menekankan kepada panitia penyelenggara untuk konsisten dalam penilaian, tidak ada intervensi kepada dewan juri untuk memberikan penilaian, jadi debat ini fair play. “Oleh karena itu, kepada para peserta jangan ada keraguan, tidak ada namanya titipan dan pesanan, jadi kalau para peserta berprestasi tentu akan menjadi pemenangnya,” tutupnya.

Sementara itu, Rektor UNA Prof Dr Tri Harsono MSi yang diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ir Ansoruddin MP dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada peserta yang berkenan hadir di kampus UNA. “Semoga kiranya kehadiran para peserta di kampus ini membawa pelajaran yang baik dan bermanfaat bagi kita semua, bangsa dan negara. Kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi dan aktualisasi generasi muda dalam rangka pengembangan potensi diri. Keberhasilan Law Fair 2024 Batch II ini sangat didukung oleh semangat serta partisipasi aktif peserta dalam bertukar ide dan gagasan,” sebutnya.

Sedangkan Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs Mapilindo MPd yang diwakili Sekretaris Yayasan UNA Ir Lokot Ridwan Batubara MSi sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh KPS FH UNA yang mampu menyelenggarakan kompetisi debat ini. “Semoga dengan berkegiatan seperti ini para mahasiswa akan terbiasa dan terampil, serta berpengalaman dalam mengorganisir suatu program kegiatan,” tandasnya. (*/rel)