― Advertisement ―

spot_img

Polres Batu Bara Gelar Lomba Marathon 5K

Lima Puluh (Klik Cerah) – Ribuan masyarakat Kabupaten Batu Bara mengikuti kegiatan olahraga bersama dan lomba marathon 5K yang digelar Polres Batu Bara dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Jumat 21 Juni 2024.
BerandaAsahanWujudkan Generasi Qurani, Ponpes Sirajul Musthafa Gelar MTQ dan MQK

Wujudkan Generasi Qurani, Ponpes Sirajul Musthafa Gelar MTQ dan MQK

Silau Laut (Klik Cerah) – Pondok Pesantren (Ponpes) Sirajul Musthafa, Desa Silo Lama, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Musabaqah Qiratul Kutub (MQK), pekan lalu.

Pimpinan Ponpes Sirajul Musthafa, Ustaz H Ahmad Faisal Yamani, mengatakan dua kegiatan ini digelar dalam rangka mengembangkan minat dan bakat para santri.

“Pengembangan minat dan bakat para santri sangat perlu digali dan dimotivasi agar para santri mampu mengembangkan bakat dan prestasinya dalam ilmu dan kepiawaian dalam pidato,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Koran Cerah.

Selain itu, lanjutnya, juga agar para santri mampu berkiprah di masyarakat, menjadi santri yang mandiri, cerdas, berani, dan berpengalaman mendalam. “Dalam rangka inilah setiap tahun Ponpes Sirajul Musthafa melaksanakan kegiatan MTQ dan MQK,” terangnya.

Dia mengatakan, pimpinan ponpes dan jajaran para guru berkomitmen untuk menjadikan para santri sebagai generasi yang Qurani. “Ini juga sebagai komitmen kami untuk turut mendukung Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam mewujudkan masyarakat Asahan yang religious,” tambahnya.

Pada kegiatan MTQ dan MQK tahun ini Ponpes Sirajul Musthafa mengangkat tema: Dengan MTQ dan MQK, Semoga Kita Menjadi Generasi yang Qurani.

Diketahui, Ponpes Sirajul Musthafa menjadi wadah tersebarnya dakwah Islam dan menumbuhkembangkan kegiatan Islam, terkhusus di Kabupaten Asahan dan sekitarnya. Pesantren ini juga turut berkontribusi dalam pengembangan pendidikan masyarakat, dimana telah terbukti eksistensi pesantren ini telah melahirkan para hafiz Quran yang berintelektual luas dan mampu membaca kitab kuning .

Disebutkan, pada kegiatan tahun ini ada beberapa cabang lomba, diantaranya Hifzil Quran, Tilawah Al Quran, Syahril Quran, Khottil Qur’an dan lainnya.

Ada hal yang spesial pada perlombaan tahun ini, yaitu diadakannya perlombaan baca kitab kuning agar para santri selain menjadi qori dan Qoriah terbaik, juga mampu menjadi seorang yang faqih (ahli ilmu fiqh).

“Kita berharap ke depannya agar acara MTQ dan MQK berjalan lebih baik dan lancar dan tentunya lebih meriah lagi serta mendapat support dari masyarakat dan jajaran kepemerintahan. Aamiin,” harapnya. (*/rel)