― Advertisement ―

spot_img

Pemberdayaan UMKM Menuju Naik Kelas

Ketika kita mendengar kata UMKM, mungkin sebagian orang beranggapan bahwa UMKM hanya sebatas para pedagang yang menjual produk-produk lokal. Namun nyatanya UMKM sangat mempengaruhi perkembangan perekenomian Indonesia. Kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini merupakan salah satu pilar terpenting dalam perekenomian nasional.
BerandaAsahanHazairin: Budidaya Cabai Menjadi Usulan Pra Musrenbang Wilayah Pantai Timur

Hazairin: Budidaya Cabai Menjadi Usulan Pra Musrenbang Wilayah Pantai Timur

Kisaran (klikcerah.com) – Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Pemkab Asahan, Hazairin, menyampaikan pada tahun 2024 Asahan akan nenjadi tuan rumah Pra Musrenbang Wilayah Pantai Timur.

Ada 12 kabupaten/ kota yang akan hadir di kegiatan yang akan dilaksanakan pada 6-7 Februari mendatang tersebut. Hazairin menyebutkan, perihal budidaya cabai akan disampaikan pada Pra Musrenbang itu.

“Dalam usulan itu lahan seluas 3 hektar milik Kelompok Tani (Poktan) Desa Silomlom, Kecamatan Simpang Empat, telah dipersiapkan,” katanya, Selasa 16 Januari 2023.

Dia menjelaskan, pengusulan itu disampaikan mengingat cabai menjadi salah satu penyebab inflasi di Kabupaten Asahan. Hal itu dikarenakan fluktuasi harga yang terkadang melambung tinggi, tapi tiba-tiba bisa terjun bebas.

Menurutnya, budidaya cabai akan menggunakan bibit cabai merah jenis Farux. Karena jenis ini dipakai cocok untuk dataran rendah. “Selama ini cabai dipasok dari daerah lain, seperti Kota Berastagi Kabupaten Karo dan daerah lainnya,” jelasnya.

Hazairin menambahkan, mereka terkadang memiliki kendala ketika program prioritas sudah berjalan. Kendala dimaksud seperti produk maksimal, tetapi tidak didukung pemasaran.

“Nah untuk ini bukan ranah kami lagi. Dinas Pertanian hanya sebatas meningkatkan produksi, selebihnya seperti pemasaran merupakan ranah Dinas Perdagangan. Kami berharap kendala tersebut bisa diatasi, karena itu salah satu faktor penyebab turunnya harga,” tandasnya. (wol)