― Advertisement ―

spot_img

Siswa SMP 2 Tanjungbalai Juara 3 Pantomim

Tanjungbalai (Klik Cerah) - Siswa SMP Negeri 2 Tanjungbalai menorehkan prestasi bidang Pantomim dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP Kota Tanjungbalai, Selasa 7 Mei 2024.
BerandaAsahanSDS Islam An Nahlu Gelar Kompetisi Proyek Sains

SDS Islam An Nahlu Gelar Kompetisi Proyek Sains

Kisaran (Klik Cerah) – Sekolah Dasar Swasta (SDS) Islam An Nahlu menggelar Kompetisi Proyek Sains. Kegiatan digelar di sekolah, Jalan Syech Ismail I No 43, Kelurahan Teladan, Kecamatan Kota Kisaran Timur, akhir pekan lalu.

Kepala SDS Islam An Nahlu, Rizky Melidya Utami SPd, menjelaskan mekanisme kompetisi tersebut, dimana kegiatan tersebut diadakan berjenjang yang diikuti seluruh siswa dan dibagi menjadi beberapa tim.

Setiap jenjangnya mengirim satu tim yang berisikan 4 orang untuk mengikuti kompetisi tersebut. Kompetisi Proyek Sains tersebut terbilang sangat unik, sebab menggunakan peralatan sederhana seperti pewarna, backing soda, dan sebagainya.

Adapun pilihan tema yang dapat diambil para peserta untuk dijadikan bahan dalam perlombaan tersebut diantaranya bumi dan alam semesta, teknologi, benda dan perubahan sifat benda, energi dan perubahan energi. Dari empat tema tersebut, para peserta mempresentasikan hasilnya selama 10 menit. “Alhamdulillah para siswa sangat antusias mengikutinya,” ucapnya.

Rizky Melidya menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk perwujudan visi dan misi dari SD Islam An Nahlu itu sendiri. “Tentunya ada beberapa point tujuan dari kegiatan ini, yang pertama meningkatkan kreatifitas peserta didik, kedua mengeksplor pengetahuan siswa dengan lingkungan sekitar, ketiga meningkatkan keseimbangan pola pikir dan pola zikir peserta didik, keempat meningkatkan keberanian peserta didik untuk terampil berbicara di depan banyak orang,” ujarnya.

Ia juga berterima kasih kepada seluruh pendidik serta para siswa yang turut mensukseskan kompetisi tersebut. Dari kegiatan ini diharapkan akan menimbulkan daya tarik bagi para siswa untuk lebih mengenal sains dan juga dapat mengaitkan hal tersebut dengan kuasa Allah SWT.

“Tentunya kami semua di sini ingin para siswa nantinya tumbuh menjadi ilmuan yang Islami, yang bermanfaat untuk keluarga nusa dan bangsa. Ke depannya Insya Allah akan kami buat kompetisi sains yang lebih baik lagi, dengan percobaan-percobaan yang lebih menarik,” pungkasnya. (dan)