― Advertisement ―

spot_img

Siswa SMP 2 Tanjungbalai Juara 3 Pantomim

Tanjungbalai (Klik Cerah) - Siswa SMP Negeri 2 Tanjungbalai menorehkan prestasi bidang Pantomim dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP Kota Tanjungbalai, Selasa 7 Mei 2024.
BerandaAsahanKeren! SMAN 1 Kisaran Juara I Lomba Konten Kreatif Cagar Budaya

Keren! SMAN 1 Kisaran Juara I Lomba Konten Kreatif Cagar Budaya

Kisaran (Klik Cerah) – Keren! Predikat Juara I Lomba Konten Kreatif Cagar Budaya tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2024, berhasil diraih peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kisaran. Pengumuman pemenang lomba tersebut disampaikan panitia pelaksana pada acara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kantor Bupati Asahan, Kisaran, Kamis 2 Mei 2024.

Para peserta didik yang tergabung dalam Komunitas Foto dan Film SMAN 1 Kisaran mendapatkan penghargaan tersebut dengan mengangkat tema “Rumah Tuan H Syech Abdul Majid dan Madrasah Falahiyah”. Lomba itu sendiri digelar oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Asahan bekerja sama dengan Jurusan Sejarah Universitas Negeri Medan (UNIMED) dalam rangka memperingati Hardiknas.

Atas prestasi ini, Kepala SMAN 1 Kisaran Ramlan Harahap SPd, mengaku bangga dan memberikan apresiasi serta mendukung penuh kegiatan para peserta didik tersebut. Ia menyampaikan, melalui tim kreatif ini para peserta didik dapat meningkatkan dan menyalurkan bakatnya dalam bidang sineas dan fotografi.

“Kami berharap semoga di masa depan akan banyak lahir konten kreator dari sekolah ini yang bisa sukses di level kabupaten, provinsi, nasional, bahkan internasional,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Netty Nirianti Pasaribu SPd MPd, mengaku terharu dan menyampaikan rasa bangganya atas prestasi tersebut. Dia mengatakan, lomba ini membuat siswa dapat langsung memahami dan menerapkan nilai sejarah dalam upaya pelestarian budaya bangsa serta dapat menimbulkan rasa lebih mencintai tanah air.

Pembimbing Komunitas Foto dan Film SMAN 1 Kisaran, Luthfi Arif Lubis SPd, menjelaskan kisa di balik tema yang mereka angkat. Menurutnya, pemilihan tema “Rumah Tuan H Syech Abdul Majid dan Madrasah atau Pesantren Falahiyah” karena dipercaya sebagai salah satu pusat awal dan tertua perkembangan pendidikan Islam di Kabupaten Asahan. “Bangunan madrasah masih berdiri tegak hingga saat ini, namun sekarang tidak aktif lagi. Diperkirakan madrasah ini aktif terakhir kali pada tahun 2019,” ujarnya.

Arif menceritakan, dalam proses produksi Komunitas Foto dan Film SMAN 1 Kisaran tidak mengalami kendala yang berarti, dikarenakan mendapat support penuh dari Kepala sekolah SMAN 1 Kisaran. “Hal ini merupakan prestasi dan menjadi langkah awal untuk anak-anak SMAN 1 Kisaran agar bisa lebih kreatif lagi dalam bidang audio visual,” ucapnya. (dan)