― Advertisement ―

spot_img

Siswa SMP 2 Tanjungbalai Juara 3 Pantomim

Tanjungbalai (Klik Cerah) - Siswa SMP Negeri 2 Tanjungbalai menorehkan prestasi bidang Pantomim dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP Kota Tanjungbalai, Selasa 7 Mei 2024.
BerandaAsahanPembelajaran Seru di TK AHA Selama Ramadhan

Pembelajaran Seru di TK AHA Selama Ramadhan

Kisaran (Klik Cerah) – Taman Kanak Kanak Asmaul Husna Asahan (TK AHA) menggelar ‘Pesantren Kilat Cilik’. Kegiatan ini bertujuan agar anak merasa bahagia sekolah di bulan suci Ramadhan. “Karena setiap kegiatan yang kami lakukan lebih mengutamakan keagamaan dan beberapa keterampilan yang seru akan kami buat saat pembelajaran berlangsung,” ujar Kepala TK AHA, Edmi Ernawati SPd, Kamis 28 Maret 2024.

Setiap hari, lanjutnya, kegiatan awal pemberlajaran diawali dengan sholat Dhuha berjamaah. Kegiatan ini bertujuan agar anak-anak terbiasa dengan sholat Dhuha dan hafal bacaan sholat. “Alhamdulillah hampir 2 minggu kami melakukan kegiatan ini, anak-anak sudah banyak yang hafal bacaan sholat. Masya Allah,” ucapnya.
Setiap harinya yang menjadi imam sholat juga bergantian antara siswa laki-laki. “Ketika ummi bilang siapa yang mau jadi imam? Anak laki-laki langsung antusias maju ke depan. Hal ini juga bertujuan agar anak laki-laki lebih berani untuk menjadi imam sholat. Semoga anak-anak TK AHA menjadi imam-imam masjid ya nak, Amiin ya Rabbal ‘alamin,” harapnya.

Tidak hanya sholat Dhuha yang menjadi kegiatan rutin, ada tilawah bareng ummi. Beberapa ayat pendek juga kami stor dan dihafal ulang melalui kegiatan ini. Sehingga anak-anak mengulang surat-surat pendek yang sudah diajarkan selama sekolah di TK AHA. “Alhamdulillah anak-anak juga banyak yang sudah hafal surat-surat pendek,” sebutnya.

Terdapat juga kegiatan yang selalu dinanti anak-anak, yakni nonton bareng menggunakan infokus (layar lebar) seperti bioskop mini. “Seminggu bisa dua kali kami buat kegiatan ini, nonton yang pertama kami memutar film yang bertemakan puasa dan nonton berikutnya kami memutar Siroh-siroh Nabi,” tambahnya.

Kegiatan nonton bareng ini sudah dilakukan di hari-hari biasanya di luar bulan Ramadhan, yang membuat beda adalah saat di bulan Ramadhan anak-anak di sekolah berpuasa, sehingga saat menonton para ummi memfasilitasi bantal-bantal yang bisa digunakan anak-anak untuk rebahan. “Ini jelas membuat kegiatan menonton beda dari biasanya. Lebih santai dan nyaman,” paparnya.

Saat Ramadhan, TK AHA juga membuat reward buat anak-anak yang semangat ke sekolah. Di setiap minggu anak-anak akan mendapatkan bintang Ramadhan dan tiket untuk mendapatkan beberapa mainan dan hadiah. Anak-anak akan semakin bersemangat untuk datang ke sekolah demi mengumpulkan poin di setiap harinya.

Masih banyak kegiatan seru yang dilakukan di TK Swasta Asmaul Husna Asahan (AHA) saat pembelajaran selama bulan Ramadhan. Ada banyak kreativitas yang dibuat oleh para ummi, seperti membuat lentera Ramadhan dan amplop THR, tidak lupa juga ada isinya dari para ummi buat anak-anak yang semangat sekolah dan berpuasa. Keseruan ini akan anak-anak dapatkan saat di bulan Ramadhan. Bermain dan belajar di TK AHA seru dan happy.

“Semoga kegiatan pembelajaran in akan jadi momen indah buat anak-anak sampai dewasa nanti hingga anak-anak tumbuh jadi anak yang berkrakter, santun, taat dan generasi yang membanggakan. Yakinlah ketika anak-anak bahagia saat di sekolah maka mereka juga akan jadi insan yang bahagia di masa depan,” tandasnya. (dan)