― Advertisement ―

spot_img

Siswa SMP 2 Tanjungbalai Juara 3 Pantomim

Tanjungbalai (Klik Cerah) - Siswa SMP Negeri 2 Tanjungbalai menorehkan prestasi bidang Pantomim dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP Kota Tanjungbalai, Selasa 7 Mei 2024.
BerandaBatu BaraPastikan Mutu Pendidikan, Bunda PAUD Kunjungi TK Pembina Negeri Sei Suka

Pastikan Mutu Pendidikan, Bunda PAUD Kunjungi TK Pembina Negeri Sei Suka

Sei Suka (Klik cerah) – Guna memastikan kemajuan dan mutu Pendidikan Anak Usia Dini, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Batu Bara, Raja Arena Sumela, melakukan kunjungan ke TK Negeri Pembina Sei Suka, akhir pekan lalu.

Turut mendampingi Bunda PAUD Sumela, Kabid Pembina PAUD Rotua Pulungan, Ketua Pokja Bunda PAUD Delita Nursanti serta Kepala Sekolah TK Negeri Pembina, Juni Hariyanto.
Kedatangan perdana Bunda PAUD Sumela di TK Negeri Pembina Sei Suka ini disambut antusias para siswa PAUD dengan menampilkan tarian persembahan Melayu dan tari kreasi cuci tangan.

Selanjutnya, Bunda PAUD Sumela melihat kondisi ruang kelas TK Negeri Pembina dan SD Negeri 03 Perkebunan Sipare-Pare. Dengan tujuan untuk memastikan peralatan pendukung belajar dalam kondisi yang bagus.

Dalam laporannya, Kepala Sekolah TK Negeri Pembina Sei Suka, Juni Hariyanto, menyampaikan bahwa TK Negeri Pembina telah berjalan tiga tahun, dengan jumlah peserta didik sebanyak 69 siswa.

Menurutnya, untuk persiapan siswa ajaran tahun baru 2024/2025 telah memenuhi kuota sebanyak 4 kelas. Dengan menggunakan kurikulum merdeka ditambah satu guru psikolog untuk siswa berkebutuhan khusus.

“Harapannya TK Negeri Pembina terus berkembang menjadi lebih baik. Dikarenakan TK Negeri Ini Sangat membantu masyarakat,” harapnya.

Sementara itu dalam amanatnya, Bunda PAUD Sumela mengatakan bahwa masa usia dini adalah merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan.

“Periode ini adalah tahun-tahun berharga bagi seorang anak untuk mengenali berbagai macam fakta di lingkungannya untuk membantu perkembangan kepribadian, psikomotor, kognitif maupun sosialnya. Masa emas ini hanya datang sekali sehingga apabila terlewatkan berarti habislah peluangnya untuk mengenal berbagai macam fakta,” ucapnya.

Menurutnya, PAUD merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan sumber daya manusia. Jadi tidak mengherankan apabila banyak negara menaruh perhatian yang sangat besar terhadap penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

Bahkan, lanjutnya, Indonesia telah menerbitkan undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional, dimana pendidikan anak usia dini telah ditempatkan sejajar dengan pendidikan lainnya.

Sebelum berpisah dengan para siswa, Bunda Paud Sumela memberikan bingkisan kepada para siswa TK Negeri Pembina Sei Suka. “Dengan mendukung pembangunan pendidikan sejak usia dini, Kabupaten Batu Bara dapat membangkitkan mutu kualitas pendidikan,” tukasnya. (*/kom)