― Advertisement ―

spot_img

SMPN 7 Tanjungbalai Gelar Karya P5 dan Pentas Seni

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 2 Tanjungbalai melaksanakan kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan pentas seni yang dirangkai dengan pelepasan siswa Kelas IX Tahun pelajaran 2023/2024.
BerandaAsahanFinal, Kelurahan Siumbut Umbut Dikunjungi Tim Penilai

Final, Kelurahan Siumbut Umbut Dikunjungi Tim Penilai

Kisaran (Klik Cerah) – Lurah Siumbut Umbut, Meli Yusridah AMKeb, menyambut kunjungan Tim Penilai Kelurahan Terbaik Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2024 di Aula Kelurahan Siumbut Umbut, Jalan Budi Utomo, Siumbut Umbut, Kota Kisaran Timur, Selasa 26 Maret 2024.

Dalam hal ini Lurah dan Ketua TP PKK Kelurahan beserta jajarannya mengucapkan Selamat datang kepada Tim Penilai Kelurahan terbaik tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2024 yang sudah memasuki babak Final.

Ketua tim penilai kelurahan terbaik yang juga Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setdakab Asahan, Buwono Prawana SIP MSi, dalam sambutanya mengatakan tahapan kali ini adalah penilaian presentasi dan penilaian administrasi. Setiap kelurahan yang menjadi perwakilan dari setiap kecamatan, mempresentasikan hasil kinerjanya, terkait tata kelola kelurahan, baik menuju ekonomi dan sosial yang stabil.

“Sehingga diharapkan tata kelola di kelurahan mengalami perubahan lebih baik. Bagaimana kelurahan memiliki upaya meningkatkan ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Buwono menyampaikan pelaksanaan penilaian kelurahan terbaik tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2024 berpedoman kepada Permendagri nomor 81 Tahun 2015 tentang Pembangunan Desa dan Kelurahan. Penilaian Kelurahan terbaik dilakukan untuk mendorong percepatan kemajuan kelurahan dan kompetisi yang sehat antara lurah dan jajarannya.

Dalam lomba kelurahan, instrumen penilaian lomba meliputi bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan, dengan tim penilainya masing-masing dilaksanakan organisasi perangkat daerah (OPD) maupun instansi terkait yang membidangi, seperti Bagian Pemerintahan, Kesbangpol, Dinas PMD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Satpol PP.

Penilaiannya secara komprehensif, termasuk bagaimana kondisi kesehatan masyarakat, ekonomi, serta upaya kelurahan untuk menurunkan kemiskinan ekstrem, apakah masih ada masyarakat yang termasuk kategori itu, kemudian bagaimana upaya kelurahan menata lingkungan.

“Sehingga banyak aspek yang dinilai kelurahan butuh progres yang luar biasa. Kami harap dari penyelenggaraan tersebut kelurahan memiliki pengelolaan yang bagus,” tegasnya.
Di tempat yang sama dalam materi eksposnya, Lurah Siumbut umbut Meli Yusridah AMKeb menyampaikan, bahwa Kelurahan Siumbut Umbut sejauh ini terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya, baik dari segi kepengurusan administrasi, pelayanan kesehatan dan juga pendidikan.

Dia berharap, Tim Pembinaan dan Penilaian memberikan bimbingan dan arahan kepada jajaran pemerintah Kelurahan Siumbut Umbut, agar menjadi jauh lebih baik lagi. Usai menyampaikan ekspos, Meli Yusridah menyerahkan bundel laporan sebagai bahan penilaian Tim Pembinaan dan Penilaian Kelurahan Terbaik tingkat Kabupaten Asahan.

Turut hadir mengikuti kegiatan dimaksud, Rombongan Tim Penilai Kelurahan Terbaik dari beberapa OPD Kabupaten Asahan, Para Kepala UPTD Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kasi Pemerintahan dan Trantibum Kota Kisaran Timur, Lurah Siumbut Umbut dan jajaran, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan lainnya. (dan)