― Advertisement ―

spot_img

Siswa SMP 2 Tanjungbalai Juara 3 Pantomim

Tanjungbalai (Klik Cerah) - Siswa SMP Negeri 2 Tanjungbalai menorehkan prestasi bidang Pantomim dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP Kota Tanjungbalai, Selasa 7 Mei 2024.
BerandaAsahanMAN Asahan Gelar Peringatan Isra Miraj dan Khataman Al Quran

MAN Asahan Gelar Peringatan Isra Miraj dan Khataman Al Quran

Kisaran (Klik Cerah) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Asahan menggelar kegiatan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1445 H/ 2024 M sekaligus melaksanakan kegiatan Khataman Al-Quran bagi peserta didik Kelas XII dan Penyambutan Bulan Suci Ramadhan 1445 H.

Kegiatan dengan tema ‘Jadikan Al-Quran Sebagai Sahabat Hidup Dunia Dan Akhirat’ tersebut digelar di Aula Terbuka MAN Asahan, Rabu 6 Maret 2024, dan dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Asahan, Dr H Saripuddin Daulay MPd; Pengawas MA, Edi Aswani MM; Kepala KUA Kecamatan Kisaran Timur; Lurah Kisaran Naga; dan Pengurus Komite Madrasah.

Kepala MAN Asahan, Dra Hj Elda Ayumi MSi, pada sambutannya menyampaikan bahwa peserta didik Kelas XII MAN Asahan telah selesai melaksanakan ujian Penilaian Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran (TP) 2023/2024 yang dilaksanakan pada 26 Februari-5 Maret 2024 lalu. Kemudian mereka akan melaksanakan ujian Asesmen Madrasah TP 2023/2024 yang dimulai pada 18 Maret 2024 mendatang.

Elda Ayumi mengatakan rangkaian kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, dan ini adalah kegiatan kali kedua selama masa kepemimpinannya di MAN Asahan.

“Terima kasih kepada semua yang sudah hadir dan turut mensukseskan kegiatan ini, semoga apa yang kita usahakan ini mendapatkan ridho Allah SWT dan diberikan keberkahan kepada kita semua,” tukasnya.

Kakan Kemenag Asahan, Dr H Saripuddin Daulay MPd, dalam arahannya menyampaikan kepada seluruh keluarga besar MAN Asahan untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan rasa gembira dan rasa syukur. Karena bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Serta berdoa memohon kepada Allah SWT untuk dipertemukan dengan bulan Ramadhan tahun ini.

“Di bulan Ramadhan nantinya akan kita isi dengan kegiatan-kegiatan kerohanian, seperti halnya tadi Korps Muballigh MAN Asahan melantunkan sholawat Nabi Muhammad SAW yang membuat hati tergugah, rindu akan Rasulullah. Karena ini merupakan nuansa syiar Islam, jadi harus kita hidupkan dan viralkan nuansa-nuansa seperti ini,” ujarnya.

Saripuddin juga memberikan apresiasi kepada 3 orang peserta didik MAN Asahan yang bertugas sebagai Master of Ceremony (MC) dengan membawakan 3 bahasa berbeda, yakni bahasa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa Inggris. Ia berharap kepada MAN Asahan untuk terus meningkatkan program 3 bahasa tersebut di lingkungan madrasah.

Ia juga berharap agar para peserta didik MAN Asahan dapat khatam Al-Quran minimal 10 kali dalam setahun. “Jika ingin bersahabat dengan Al-Quran minimal harus khatam 10 kali dalam satu tahun berikut dengan hadits-nya juga, minimal hadits arbain. Jadi nanti setelah lulus dari MAN Asahan benar-benar diperhitungkan di masyarakat,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Kakan Kemenag Asahan didampingi Kepala MAN Asahan memberikan apresiasi kepada Staf Humas Penulis Berita MAN Asahan, Wewid SE, atas prestasinya dalam bidang pemberitaan madrasah, dengan menyerahkan secara simbolik Piagam Penghargaan dari Kanwil Kemenag Sumut atas Penilaian Terbaik Untuk Kategori Berita Di Portal sumut.kemenag.go.id Tahun 2023 dengan judul berita: Peserta Didik MAN Asahan Dikukuhkan Jadi Duta Moderasi Beragama.

Acara Peringatan Isra Miraj sekaligus Khataman Al-Quran dan Sambut Bulan Suci Ramadhan tersebut dimulai pukul 08.00 WIB diawali dengan kegiatan Khataman Al-Quran yang dibawakan oleh peserta didik perwakilan masing-masing dari Kelas XII. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh peserta didik MAN Asahan, lantunan Sholawat Nabi Muhammad SAW oleh Korps Mubaligh MAN Asahan, pidato 3 bahasa oleh peserta didik MAN Asahan, penampilan dari grup Nasyid MAN Asahan, pertunjukan drama mini dari Teater Bintang MAN Asahan dan ditutup oleh ceramah agama oleh Ustadz Khairil Abdi SAg MM. (*/hum)