― Advertisement ―

spot_img

SMPN 7 Tanjungbalai Gelar Karya P5 dan Pentas Seni

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 2 Tanjungbalai melaksanakan kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan pentas seni yang dirangkai dengan pelepasan siswa Kelas IX Tahun pelajaran 2023/2024.
BerandaAsahanSMKN 1 Sei Kepayang Sukses Gelar LDDK

SMKN 1 Sei Kepayang Sukses Gelar LDDK

Sei Kepayang (Klik Cerah) – SMKN 1 Sei Kepayang menggelar kegiatan Latihan Dasar Disiplin Kepemimpinan (LDDK) pada 19-24 Februari 2024 di SMKN 1 Sei Kepayang. Kegiatan ini digelar dalam rangka menjadikan generasi muda yang berkarakter dan berkualitas dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Pembukaan kegiatan dilakukan dalam sebuah upacara yang dipimpin oleh Kepala SMKN 1 Sei Kepayang, Herman Setiadi MPd, penyematan tanda peserta, dan penyerahan pada peserta kepada pelatih yang berasal dari Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Asahan (Lanal TBA).

“Pembekalan diberikan melalui teori dan aktivitas nyata di lapangan. Dengan kemampuan memimpin ini, peserta dapat mengatur diri sendiri dan orang lain. Peserta juga diharapkan menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab, religius, menghargai prestasi, peduli lingkungan, kerjasama, demokratis, dan bisa berpikir kritis,” kata Herman Setiadi.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan LDDK terdiri dari Kelas X TSM sebanyak 23 siswa, Kelas X RPL-1 sebanyak 28 siswa, Kelas X RPL-2 sebanyak 29 siswa, Kelas X APHP sebanyak 16 siswa. “Dengan jumlah keseluruhan sebanyak 96 peserta,” tambahnya.

Semoga melalui kegiatan ini nantinya bisa lahir kader-kader yang menggantikan para pemimpin-pemimpin di masa yang akan datang. Hadiri dalam kegiatan ini mewakili Danlanal TBA, Lettu Laut (S) Arif Furqon Karim Y; Paspotmar Lanal TBA, Peltu Mes Gunawan Marpaung; Sertu Mes Tri Hana Saputa; Kopka Jas Imam; Kopka Ttg Sutrisno; Kopka Ttu Supriyadi; dan Kld Bah Nanda Mahendra.

Pada kegiatan ini para peserta diberi materi Pengenalan Baris Berbaris, Pengenalan Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Wawasan Wiyata Mandala, dan Pengenalan Lingkungan Sekolah. Materi yang disampaikan pelatih ini dapat memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara, menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara, berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara agar para menanamkan rasa tanggung jawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 1945.

Saat istirahat dan makan siang bersama, para peserta diajarkan tata cara makan, sebelum dan sesudahnya, laporan, dan saat makan posisi duduk harus tetap tegap. Semua ada aturannya, tidak boleh seenaknya sendiri, karena memang disini peserta diajarkan mengenai kedisiplinan.

Setelah mengikuti kegiatan selama enam hari bersama pelatih, para peserta sudah mulai menanamkan sikap disiplin dasar kepemimpinan di sekolah dan di lingkungan sehari-hari. Selanjutnya upacara penutupan dipimpin oleh Lettu Laut (S) Arif Furqon Karim Y di Lapangan SMKN 1 Sei Kepayang. “Sebanyak 96 peserta yang dinyatakan lulus pelatihan dan berhak mendapatkan sertifikat langsung dari Danlanal TBA,” pungkasnya. (fah)