― Advertisement ―

spot_img

SMPN 7 Tanjungbalai Gelar Karya P5 dan Pentas Seni

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 2 Tanjungbalai melaksanakan kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan pentas seni yang dirangkai dengan pelepasan siswa Kelas IX Tahun pelajaran 2023/2024.
BerandaTanjungbalaiMeriah, Pertama di Kota Tanjungbalai

Meriah, Pertama di Kota Tanjungbalai

Tanjungbalai (Klik Cerah) – Sederhana, meriah, luar biasa, dan penuh makna. Inilah gambaran dari kegiatan Expo 2024 dan Gelar Karya P5 SMKN 3 Tanjungbalai, Kamis 29 Februari 2024. Seperti apa?

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Tanjungbalai, Kelurahan Kapias Pulau Buaya, Kecamatan Teluk Nibung, menggelar Expo 2024 dan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Acara dipusatkan di halaman tengah sekolah.

Meski sederhana, tapi acaranya berlangsung meriah. Ratusan siswa menghadiri kegiatan tersebut. Tak hanya siswa SMKN 3, tapi dihadiri siswa dari sejumlah SMP dan MTs di Kota Tanjungbalai. Selain stage utama sebagai pusat kegiatan, ada juga sejumlah stand yang menampilkan berbagai macam hasil karya dari masing-masing jurusan, yakni Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Jurusan Kuliner, dan Jurusan Perhotelan.

Luar biasanya, kegiatan yang baru pertama kali digelar di Kota Tanjungbalai itu, juga dihadiri Walikota Dr H Waris Tholib SAg MM. Waris tak sendiri, ia didampingi Kadis Pendidikan Kota Tanjungbalai, Mariani SSi MSi; Camat Teluk Nibung, Muhammad Ali SE MAP; sejumlah lurah dan kepala lingkungan (kepling) di kecamatan tersebut.

Selain memuji kegiatan yang digelar SMKN 3 Kota Tanjungbalai, Waris juga menyampaikan pesan-pesan penuh makna. Dia berharap, SMKN yang dipimpin Suri Nilawati SPd tersebut menjadi sekolah unggulan dan kebanggaan masyarakat ‘Kota Kerang’.

Kegiatan yang mengambil tema: Create Your Creation And Your Dreams Come True With SMKN 3 Tanjungbalai tersebut diawali dengan laporan Ketua Panitia, Rijayanti Saragih SPd. Dalam laporannya, dia mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk menampilkan kompetensi para siswa dari berbagai jurusan.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk menampilkan kompetensi para siswa kami dari masing-masing jurusan, mulai dari Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Jurusan Kuliner, dan Jurusan Perhotelan,” katanya.

Menurutnya, menjadi siswa SMKN 3 Kota Tanjungbalai merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya tak hanya siap kerja, lulusannya juga bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, atau berwirausaha.

“Jangan ragu masuk SMK, SMK bisa, SMK luar biasa! Masuk SMK bisa kerja, alumni kami sudah banyak yang berkerja, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. SMK menjadi garda terdepan dalam mengurangi pengangguran di Indonesia,” tegasnya.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala SMKN 3 Tanjungbalai, Suri Nilawati SPd. Perempuan berhijab ini dengan berapi-api menyampaikan inti kegiatan dan memotivasi para siswa SMP dan MTs yang hadir agar tak ragu melanjutkan pendidikan ke jenjang SMK.

“Selamat datang kepada Bapak Walikota, Ibu Kadis Pendidikan Kota Tanjungbalai, Bapak Camat Teluk Nibung, Bapak Lurah dan Kepling seluruhnya. Terimakasih kepada guru yang dengan semangat membara dan luar biasa, sehingga acara ini bisa digelar. Dan, yang kami banggakan anak-anak kami dari SMP dan MTs yang hadir. Kehadiran mereka, anak-anak SMP dan MTs ini luar biasa,” sebutnya.

Nilawati mengatakan, kegiatan ini mengandung beberapa unsur, di antaranya sebagai ajang kreativitas peserta didik yang telah diberikan bimbingan untuk menunjukkan kompetensinya.

“SMKN 3 Kota Tanjungbalai ini mencetak peserta didik, mempersiapkan anak-anak yang ‘BMW’. B adalah berkerja, alumninya siap berkerja dan bisa diandalkan. Lulusan SMK harus siap pakai. M adalah melanjutkan. Alumni SMK bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, bisa kuliah ke jurusan mana pun. Bahkan bisa diterima di Fakultas Kedokteran. W adalah wirausaha. Lulusan SMK merupakan calon-calon wirausahawan atau pengusaha yang hebat,” ungkapnya.

Di hadapan Walikota, Dr H Waris Tholib SAg MM, Nilawati dengan tegas menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama di Kota Tanjungbalai. Juga, sebagai bukti bahwa SMK yang dipimpinnya siap memajukan dunia pendidikan di kota ini.

“Meski pun secara administrasi kami berada di bawah pemerintah provinsi (pemprov), namun kami siap memajukan pendidikan di Tanjungbalai. Kami berharap dengan kegiatan ini kita semua makin semangat. Ini adalah awal perubahan untuk pendidikan yang lebih baik lagi,” tukasnya.

Tibalah giliran Walikota Tanjungbalai, Dr H Waris Tholib SAg MM, menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut. “Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi atas digelarnya Expo dan Gelar Karya P5 di SMKN 3 ini. Guru-guru dan undangan yang hadir, ada juga siswa SMP dan MTs, dan seluruh anak-anakku para generasi penerus bangsa. Kita bersyukur, karena kita diberikan kesehatan sehingga mampu hadir di acara ini,” ucapnya.

Waris kemudian memuji dan memotivasi para guru dan para siswa yang hadir. “Expo ini untuk Tanjungbalai baru kali ini digelar. Ini luar biasa. Tepuk tangan untuk SMKN 3. Rasa syukur kita karena para siswa sangat cerdas dan mampu berinovasi dengan gagasannya, mampu menemukan dan membuat karya nyata sebagai anak bangsa,” ujarnya.

Dia mengaku bangga dengan siswa SMK yang memiliki semangat kuat untuk mandiri dengan memiliki segudang kreativitas. “Untuk SMKN 3 dan SMK lainnya, saya berharap kegiatan ini tak sekadar menjalankan perintah, tapi karena niat kita bagaimana agar anak-anak kita bisa mandiri, berguna untuk dirinya, keluarga, dan Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara dan negara tercinta,” pesannya.

Meski pun Kota Tanjungbalai merupakan kota kecil yang berada di pinggir sungai, namun harus bisa menunjukkan prestasi dan kualitas diri, tak kalah dengan daerah lainnya. “Anak-anakku, kita yakin walau lahir dan tinggal di pinggir sungai, tapi kita bisa terkenal di dunia.

Kalau yakin pasti diijabah Tuhan. Makanya belajarlah dengan sungguh-sungguh agar seperti pepatah Arab: Man Jadda Wajada. Siapa yang bersungguh-sungguh akan mendapat sesuai dengan yang dicita-citakan,” pesannya lagi.

Terakhir, Waris mendoakan agar SMKN 3 Kota Tanjungbalai mampu menghasilkan generasi yang luar biasa. “Kami mendoakan SMKN 3 mampu mencetak generasi yang luar biasa. Jadi kebanggan masyarakat Tanjungbalai dan terkenal ke tingkat dunia,” harapnya.

Usai menyampaikan pesan dan harapannya, Waris kemudian turun ke depan stage untuk melakukan pelepasan balon ke udara sebagai tanda kegiatan Expo 2024 dan Gelar Karya P5 SMKN 3 Tanjungbalai resmi dibuka.

“Atas nama Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, acara ini resmi saya buka. Siapa yg menemukan balon ini akan saya beri hadiah Rp 300 ribu,” ujarnya sambil menggunting pita di balon yang telah ditandai dengan plakat SMKN 3 Tanjungbalai agar terbang tinggi ke udara. (ald/her)