― Advertisement ―

spot_img

SMPN 7 Tanjungbalai Gelar Karya P5 dan Pentas Seni

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 2 Tanjungbalai melaksanakan kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan pentas seni yang dirangkai dengan pelepasan siswa Kelas IX Tahun pelajaran 2023/2024.
BerandaAsahanMIN 1 Asahan Gelar Pembentukan Kader Adiwiyata

MIN 1 Asahan Gelar Pembentukan Kader Adiwiyata

Simpang Empat (Klik Cerah) – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Asahan melakukan pembentukan kader Adiwiyata kepada peserta didik. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang lingkungan dan menjadikan mereka sebagai agen perubahan untuk lingkungan yang lebih baik.

Pembentukan kader Adiwiyata di MIN 1 Asahan dihadiri oleh puluhan peserta didik yang berasal dari berbagai kelas. Kegiatan dimulai dengan penyampaian maksud dan tujuan dibentuknya kader Adiwiyata yang dulu dikenal dengan istilah Komunitas Pecinta Lingkungan (PCL). Kegiatan ini dibimbing oleh dua orang guru MIN 1 Asahan, Muhammad Rizki dan Saskia Febrianti.

Setelah itu, para siswa akan diselesaikan untuk mengetahui seberapa luas wawasan mereka mengenai lingkungan dengan cara memberikan beberapa tes. Salah satu tes yang diberikan adalah tes tertulis berisikan pertanyaan yang berkaitan erat dengan lingkungan.
Nantinya kegiatan ini akan dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi dan pembinaan pada jadwal berikutnya. Pada kegiatan selanjutnya siswa akan diberi pengetahuan dan bimbingan mengenai lingkungan seperti pembuatan kompos dan pupuk organik.

Kepala MIN 1 Asahan, Erma Suryana SPd, mengatakan bahwa kegiatan pembinaan kader Adiwiyata sangat penting untuk membentuk karakter siswa sebagai agen perubahan yang peduli terhadap lingkungan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mengajarkan mereka cara-cara yang benar untuk melakukannya,” ujarnya.

Dia juga menambahkan bahwa pihak madrasah akan terus mengadakan kegiatan-kegiatan serupa dan membina para kader Adiwiyata agar siswa dapat menjadi teladan bagi masyarakat dalam menjaga lingkungan. “Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa dan masyarakat sekitar,” tutup Erma.

Diharapkan kegiatan pembinaan kader Adiwiyata di MIN 1 Asahan dapat menjadi contoh bagi madrasah atau sekolah lain untuk lebih memperhatikan isu lingkungan dan membentuk siswa sebagai agen perubahan yang peduli terhadap lingkungan. (*/rel)