― Advertisement ―

spot_img

Siswa SMP 2 Tanjungbalai Juara 3 Pantomim

Tanjungbalai (Klik Cerah) - Siswa SMP Negeri 2 Tanjungbalai menorehkan prestasi bidang Pantomim dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP Kota Tanjungbalai, Selasa 7 Mei 2024.
BerandaEdukasiMahasiswa Budidaya Perairan UNA Lakukan Inovasi Abon Ikan

Mahasiswa Budidaya Perairan UNA Lakukan Inovasi Abon Ikan

Kisaran (Klik Cerah) – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Budidaya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Asahan (UNA) melakukan inovasi makanan olahan berbasis ikan dalam bentuk abon. Makanan olahan ini memiliki kemasan menarik dan modern sehingga terjamin kualitas dan kehigienisannya.

Inovasi pembuatan abon ikan tersebut dilakukan mahasiswa di Laboratorium Budidaya Perikanan, dipandu Dosen Pembimbing Azizah Mahary SPi MSi. “Inovasi ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan,” kata Azizah Mahary SPi MSi dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu 7 Februari 2024.

Menurutnya, abon ikan adalah makanan yang dimodifikasi dengan sedemikian rupa agar masyarakat tertarik untuk mengkonsumsi olahan ikan. Diketahui, abon ikan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, dan bisa disimpan dalam jangka waktu tertentu.

Pembuatan abon ikan oleh para mahasiswa ini hampir sama dengan pembuatan berbahan daging lainnya. Ikan yang telah dicuci bersih kemudian disiangi, dikukus dan dihaluskan. Setelah itu ikan dimasukkan ke dalam wajan, diberi aneka bumbu, santan, lalu digoreng hingga kering. Abon yang sudah jadi kemudian ditiriskan/dipress, dianginkan dan siap untuk dikemas. (*/rel)