― Advertisement ―

spot_img

SMPN 7 Tanjungbalai Gelar Karya P5 dan Pentas Seni

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 2 Tanjungbalai melaksanakan kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan pentas seni yang dirangkai dengan pelepasan siswa Kelas IX Tahun pelajaran 2023/2024.
BerandaBatu BaraBadan Kesbangpol Batu Bara Sosialisasi Rekrutmen Calon Anggota Paskibraka

Badan Kesbangpol Batu Bara Sosialisasi Rekrutmen Calon Anggota Paskibraka

Lima Puluh (Klik Cerah) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Batu Bara menggelar sosialisasi rekrutmen calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2024 di Hotel Banyuwangi, Lima Puluh, Rabu 7 Februari 2024.

Kegiatan ini diikuti perwakilan siswa serta pendamping mulai tingkat SMA/SMK dan MA sederajat se-Kabupaten Batu Bara. Turut juga diundang perwakilan dari TNI/Polri serta Purna Paskibra tahun 2023.

Kabid Wawasan Kebangsaan Badan Kesbangpol Batu Bara, Rina Sirait SP MP, mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari surat edaran Pemerintah Pusat bersama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tentang proses rekrutmen calon anggota Paskibraka tahun 2024.

“Sama dengan tahun sebelumnya, tahun 2024 ini kita juga akan melakukan rekrutmen 44 siswa yang lulus dalam seleksi untuk ditetapkan sebagai anggota Paskibraka Batu Bara. Proses seleksinya juga sangat ketat, yakni lewat aplikasi yang sudah disiapkan oleh panitia. Soal jadwal pasti hingga kini belum ditentukan. Bisa saja dalam bulan Februari ini sudah dimulai tahapan seleksinya,” kata Rina.

Menurutnya, tahapan seleksi menggunakan sistem gugur yang dimulai dengan pendaftaran peserta di aplikasi, seleksi administrasi, ujian kesamaptaan, ideologi Pancasila, hingga uji kesehatan. Usia siswa yang mendaftar juga dibatasi, minimal 16 tahun dan maksimal 18 tahun.

“Begitu saat mendaftar dan memasukan NIK ada peserta yang tidak mematuhi batas usia ini, maka sistem di aplikasi akan menolak. Begitulah tahapan seleksi antara seleksi yang satu dengan seleksi tahap berikutnya,” ungkapnya.

Dia menambahkan dari 44 peserta yang lolos nanti akan dipilih satu pasang (laki-laki dan perempuan) untuk dikirim menjadi Paskibra di tingkat Provinsi Sumatera Utara. Sisanya akan menjadi pasukan pengibar bendera di tingkat Kabupaten Batu Bara saat peringatan HUT Kemerdekaan RI. (dra)