― Advertisement ―

spot_img

Siswa SMP 2 Tanjungbalai Juara 3 Pantomim

Tanjungbalai (Klik Cerah) - Siswa SMP Negeri 2 Tanjungbalai menorehkan prestasi bidang Pantomim dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP Kota Tanjungbalai, Selasa 7 Mei 2024.
BerandaEdukasi300-an Siswa SMAN 2 Kisaran Ikuti Pembekalan Pemilih Pemula

300-an Siswa SMAN 2 Kisaran Ikuti Pembekalan Pemilih Pemula

Kisaran (Klik Cerah) – Sebanyak 300-an siswa SMAN 2 Kisaran mengikuti Pembekalan Pemilih Pemula terkait Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Asahan, Jalan Sisingamangaraja, Kisaran, pekan lalu.

Kepala SMAN 2 Kisaran, Jonner Sitorus, mengatakan kegiatan tersebut untuk melengkapi mata pelajaran yang ada di SMAN 2 Kisaran. “Hal ini memang ada di sekolah kami, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, di mana salah satunya terkait dengan suara demokrasi. Sehingga, para siswa yang sudah cukup usia dalam pemilu, saya harapkan langsung mendapatkan pencerahan dari KPU Kabupaten Asahan,” katanya.

Jonner menjelaskan, SMAN 2 Kisaran merupakan sekolah penggerak, sehingga P5 diberlakukan agar pelajar mengerti mereka merupakan salah satu bagian dalam demokrasi. “Karena, dalam P5 itu ada suara demokrasi, jadi saya ambil momen pemilu dan mengajak seluruh siswa langsung turun agar mereka juga memahami arti demokrasi itu,” ujarnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, sekaligus mensosialisasikan bahwa pemilih pemula harus lebih selektif dan memahami siapa yang akan dipilihnya di pemerintahan nanti. “Karena, banyak memang siswa yang menjadi pemilih pemula. Sehingga, diharapkan mereka tidak hanya sekedar memilih, namun mereka juga mengerti apa yang akan mereka jalani nanti di 14 Februari 2024 mendatang,” sebutnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Asahan M Syah, mengatakan, pembekalan ini wajib dilakukan agar para siswa mengerti sekaligus menolak adanya politik uang. “Pembekalan ini kami lakukan agar anak-anak usia muda terhindar dari hal-hal yang dapat mencederai demokrasi di Pemilu 2024 nanti,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan program rutin KPU Asahan untuk menyosialisasikan kepada para pelajar sebagai pemilih pemula, karena mereka basis terbesar pada Pemilu 2024. (*/bsn)