― Advertisement ―

spot_img

SMPN 7 Tanjungbalai Gelar Karya P5 dan Pentas Seni

Tanjungbalai (Klik Cerah) - SMP Negeri 2 Tanjungbalai melaksanakan kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan pentas seni yang dirangkai dengan pelepasan siswa Kelas IX Tahun pelajaran 2023/2024.
BerandaEdukasiJob Fair UNA 2024 Siapkan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja

Job Fair UNA 2024 Siapkan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja

Untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja, Universitas Asahan (UNA) menggelar Job Fair perdana yang diselenggarakan di Gedung Zulfirman Siregar, Senin, 29 Januari 2024.

Job fair merupakan tempat bertemunya ratusan orang yang melamar pekerjaan dengan rekruter secara langsung. Dalam kegiatan ini, rekruter biasanya bukan cuma mencari kandidat karyawan tetapi bursa kerja juga menjadi ajang bagi banyak perusahaan untuk promosi kultur pekerjaan ke para pencari kerja.

UNA menjalin kerjasama dengan Disnaker Asahan dan para perusahaan yang ada di Sumatera Utara (Sumut) untuk ikut serta dalam event job fair. Pelaksanaannya dimulai dengan seremoni pembukaan yang dihadri pihak Yayasan UNA, Rektorat, para Pimpinan di tingkat Fakultas, dan sejumlah perusahaan, mahasiswa serta para pencari kerja.

Ketua UPT Jasa Ketenagakerjaan UNA, Azwar Anas Manurung SP MP, dalam laporannya mengatakan pelaksanaan Job Fair ini diikuti 8 perusahaan, di antaranya Bank BTPN Syariah, PT Federal Internasional Finance, Mitra Utama Madani (PNM Grup), PT Wira Kreasi Usaha Medan, PT Swakarya Insan Mandiri (SIMGRUP), Shin Megumi Indonesia, PT Valdo Sumber Daya Mandiri, JNE, LPK Yumi Hoshiedu dan juga dihadiri BP3MI Sumateta Utara.

Azwar melanjutkan, selain sejumlah perusahaan tersebut, ada juga 5 UMKM yang berpartisipasi dalam acara ini, yaitu UMKM binaan Fakultas Ekonomi UNA dan binaan Dinas Koperindag Asahan.

“Dalam kegiatan ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan perwakilan perusahaan. Kegiatan ini tidak hanya memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mencari pekerjaan, akan tetapi juga membangun jaringan profesional yang sangat berharga antara UNA dengan perusahaan sebagai mitra kerja yang bergabung dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswan, Ir Ansoruddin MP, menyambut baik gelaran ini. “Kegiatan Job Fair ini akan terus kita lanjutkan dan akan dijajaki para alumni serta perusahaan untuk kita lakukan kerjasama MoU antara UNA dengan setiap perusahaan, sehingga para alumni UNA akan siap kerja ketika selesai menempuh pendidikannya dan meraih gelar,” ucapnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi mahasiswa dalam menghadapi persaingan di dunia kerja yang semakin ketat. Bukan hanya menjadi jembatan antara mahasiswa dan perusahaan, tetapi juga sebagai langkah awal untuk menciptakan generasi muda yang siap bersaing dan berkembang di dunia kerja yang dinamis.

Kemudian, Sekretaris Yayasan UNA, Ir Lokot Ridwan Batubara MSi, saat membuka acara Job Fair mengapresiasi kegiatan ini karena mahasiswa dan para alumni UNA sangat membutuhkan pekerjaan, serta bagi karyawan yang masih tamat SMA/SMK sederajat untuk bisa juga kuliah di UNA.

Lokot berharap Job Fair UNA dapat membuka peluang bagi para alumni dan mahasiswa serta para pencari kerja untuk segera memperoleh pekerjaan yang lebih baik.
Sedangkan, Rahmah dari Disnaker Asahan mengatakan Job Fair merupakan pertemuan antara si pengguna kerja dengan si pencari kerja, sehingga akan ada hasilnya yaitu penempatan mereka. “Jadikan juga diri kalian untuk menjadi entrepreneurship,” tambahnya.

Acara kemudian ditandai dengan kesepakatan kerjasama antara UNA dengan Dinas Ketenagakerjaan Asahan dan dilanjutkan penyerahan sertifikat penghargaan kepada perusahaan yang bergabung di Job Fair UNA 2024. (*/rel)