― Advertisement ―

spot_img

Siswa SMP 2 Tanjungbalai Juara 3 Pantomim

Tanjungbalai (Klik Cerah) - Siswa SMP Negeri 2 Tanjungbalai menorehkan prestasi bidang Pantomim dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP Kota Tanjungbalai, Selasa 7 Mei 2024.
BerandaBatu BaraSatlantas Polres Batu Bara Gelar ‘Police Goes To School’ di SMPN 1...

Satlantas Polres Batu Bara Gelar ‘Police Goes To School’ di SMPN 1 Lima Puluh

Lima Puluh (Koran Cerah) – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Batu Bara menggelar kegiatan ‘Police Goes To School’ di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Lima Puluh. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pendidikan masyarakat (Dikmas), yakni sosialisasi dan imbauan tentang tertib berlalulintas, Jumat 26 Januari 2024.

Kasatlantas Polres Batu Bara, AKP Hotlan W Siahaan, melalui Kanit Kamsel Satlantas, Aiptu RH Pasaribu, mengatakan sosialisasi bertujuan menekan pelanggaran lalu lintas dengan mengenalkan tertib lalulintas sejak dini.

Menurutnya, pelanggaran lalulintas umum ya dilakukan oleh anak di bawah umur yang seharusnya belum boleh mengendarai kendaraan bermotor. Para siswa pun diimbau tak mengendarai sepeda motor sebelum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Selama tiga minggu pelaksanaan tilang manual, ada 873 set tilang yang diberikan kepada pelanggar lalulintas. Selain itu diberikan 1.276 teguran. Sedangkan pelanggar lalulintas didominasi remaja atau anak di bawah umur,” ungkap Aiptu RH Pasaribu.

Karena masih banyaknya pelanggaran aturan berlalulintas, lanjut Aiptu RH Pasaribu, kepada siswa SMPN 1 Lima Puluh disampaikan agar benar-benar mengetahui, memahami, dan mematuhi aturan berlalulintas.

Disebutkannya, ada delapan hal yang harus dipenuhi sebelum berkendara. Kedelapannya adalah pengenalan rambu lalu lintas, menyebrang jalan di zebra cross, berjalan di sebelah kiri, berjalan di atas trotoar, berhenti ketika lampu merah.

“Selain itu tidak kebut-kebutan saat mengendarai kendaraan bermotor, tidak menggunakan knalpot brong dan gunakanlah helm SNI,” jelasnya.

Selain edukasi berkendara dan berlalulintas yang baik di jalan, Aiptu RH Pasaribu juga menjelaskan risiko atau bahayanya bila tidak mematuhi aturan berlalulintas. “Selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan orang lain,” tandasnya.

Sosialisasi keselamatan berlalulintas di SMPN 1 Lima Puluh berlangsung menarik. Terjadi komunikasi dua arah, di mana para siswa bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami. Semua pertanyaan para siswa dijawab dan dijelaskan dengan baik. Kegiatan kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama. (rel)