― Advertisement ―

spot_img

KPKNL Medan Gelar SOLID 2024, Perabot Rumah Tangga dan Kantor Dilelang

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Medan menggelar Sosialisasi dan Edukasi Lelang (SOLID) 2024. Kegiatan berlangsung di arena Car Free Day (CFD) Pemko Medan, di seputaran Lapangan Merdeka, Minggu 5 Mei 2024.
BerandaEdukasiPPG UNA Tandatangani MoU dengan 13 Sekolah Mitra 2024

PPG UNA Tandatangani MoU dengan 13 Sekolah Mitra 2024

Kisaran (klikcerah.com) – Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Asahan (FKIP UNA) bersama Koordinator Program Pendidikan profesi Guru (PPG) melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan 13 SMP dan SMA Negeri Kabupaten Asahan. Penandatanganan MoU atau nota kesepahaman itu digelar di Ruangan Seminar FKIP UNA, Jalan Latsitarda, Kisaran, Senin 15 Januari 2024.

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain Ketua Pengurus Yayasan UNA, Drs Mapilindo MPd; Wakil Sekretaris Yayasan UNA, Zaid Afif SH MHum; Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Ir Ansoruddin MP; Dekan FKIP UNA, Drs Dailami MPd, para kepala sekolah mitra, dan lainnya.

Koordinator PPG UNA, Ely Syafitri SPd MPd, menuturkan UNA diberikan amanah menyelenggarakan PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023 dengan jumlah mahasiswa 39 orang yang terbagi dalam dua bidang studi, yaitu Pendidikan Matematika 20 orang dan Pendidikan Bahasa Indonesia 19 orang. Kemudian, Gelombang I Tahun 2024 dengan sejumlah mahasiswa 29 orang untuk bidang studi Pendidikan Matematika.

Salah satu kegiatan PPG Prajabatan yang utama adalah kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah. “Kami mengharapkan adanya kerjasama antara PPG Universitas Asahan dengan beberapa sekolah mitra dalam upaya melaksanakan kegiatan PPL ini, dan harapannya kerja sama ini juga dapat menjadikan manfaat untuk kedua belah pihak” tuturnya.

Adapun ke-13 sekolah mitra PPL PPG Prajabatan ini diantaranya SMP Negeri 1 Kisaran, SMP Negeri 2 Kisaran, SMP Negeri 3 Kisaran, SMP Negeri 4 Kisaran, SMP Negeri 5 Kisaran, SMP Negeri 6 Kisaran, SMP Negeri 7 Kisaran, SMP Negeri 1 Simpang Empat, SMP Negeri 2 Pulo Bandring, SMA Negeri 1 Kisaran, SMA Negeri 2 Kisaran, SMA Negeri 3 Kisaran dan SMA Negeri 4 Kisaran.

Kegiatan ini, lanjutnya, bertujuan untuk memperkuat kemitraan antara PPG FKIP UNA sebagai LPTK dengan sekolah mitra PPL di Lingkungan Kabupaten Asahan.

Sementara itu, Dekan FKIP UNA, Drs Dailami MPd, dalam sambutannya mengatakan penandatanganan MoU antara pihak sekolah mitra ini, tidak hanya tertulis tapi langsung terwujudkan dalam kegiatan PPL Mahasiwa PPG Prajabatan UNA di sekolah.

“Pengalaman mahasiswa PPG Prajabatan dalam kegiatan PPL dalam sekolah dapat menjadikan suatu pembelajaran langsung di lapangan, sehingga pengalaman belajar yang ada di kampus dapat dipraktikkan dan diterapkan di sekolah,” sebutnya.

Kemudian, Rektor UNA Prof Dr Tri Harsono MSi, yang diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Ir Ansoruddin MP, menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang sudah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan ke depannya dalam mendukung kegiatan mahasiswa Universitas Asahan.

Sedangkan, Ketua Pengurus Yayasan Universitas Asahan, Drs Mapilindo MPd, mengatakan harapan dengan terbentuknya kerja sama ini dapat membangun masa depan dunia pendidikan yang sudah diamanahkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) kepada Universitas Asahan.

Mapilindo juga menambahkan, bahwa Universitas Asahan sekarang ini, baik itu intitusi maupun program studi (prodi) sudah terakreditasi baik sekali dan baru-baru ini memasuki awal tahun 2024, Universitas Asahan dalam bidang penelitian masuk dalam Klaster Utama pada klasterisasi perguruan tinggi yang telah diumumkan oleh Kemdikbudristek.

“Hanya 10 Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Utara yang masuk pada Klaster Utama, salah satunya Universitas Asahan,” ujarnya.

Ke-10 PTS di Sumatera Utara yang masuk pada Klaster Utama diantaranya Universitas Asahan, Katolik Santo Thomas, Universitas Labuhan Batu, Universitas Medan Area, Universitas Methodist Indonesia, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Universitas Pembangunan Panca Budi, Universitas Prima Indonesia, Universitas Sari Mutiara dan Universitas Simalungun.

“Insya Allah pada tahun 2024 ini Universitas Asahan akan menambah program studi S1 Bisnis Digital, S1 Akutansi, S1 PGSD, Magister Manajemen dan S2 Magister Ilmu Pendidikan,” terangnya.

Dia juga mengajak kepada para kepala sekolah dan guru untuk bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 di Universitas Asahan. “Mudah-mudahan kerjasama ini bisa berjalan dengan lancar dan dapat ditingkatkan kerjasama-kerjasama di bidang lainnya,” tutupnya.

Usai acara penandatanganan mota kesepahaman, acara tersebut lalu ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama. (rel)