― Advertisement ―

spot_img

KPKNL Medan Gelar SOLID 2024, Perabot Rumah Tangga dan Kantor Dilelang

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Medan menggelar Sosialisasi dan Edukasi Lelang (SOLID) 2024. Kegiatan berlangsung di arena Car Free Day (CFD) Pemko Medan, di seputaran Lapangan Merdeka, Minggu 5 Mei 2024.
BerandaEdukasiGema Shalawat Nariyah di MIN 1 Asahan

Gema Shalawat Nariyah di MIN 1 Asahan

Kisaran (Kikcerah.com) – Untuk meningkatkan kecintaan para siswa kepada Rasulullah SAW, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Asahan menggemakan Shalawat Nariyah. Kegiatan ini dilaksanakan hari Jumat setiap pekan di halaman madrasah.

Seperti yang dilaksanakan pada Jumat 19 Januari 2024, di mana seluruh siswa, guru dan tenaga kependidikan menggemakan shalawat tersebut dengan dipandu oleh salah seorang guru, Nurhayati Lubis SPd.

Kepala MIN 1 Asahan, Erma Suryana SPd, mengatakan pembacaan shalawat merupakan salah satu cara untuk menanamkan cinta kepada Rasulullah SAW kepada para siswa.

“Shalawat nariyah merupakan salah satu di antara banyaknya shalawat yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. Allah memerintahkan kepada hamba-Nya untuk bershalawat kepada Nabi sebagai bukti cinta dan hormat kepadanya. Selain itu orang yang bershalawat berarti berdoa kepada Allah agar diberi rahmat-Nya,” ujar Erma.

Guru lainnya, Nurhasima menjelaskan bahwa dalam Al Quran Surah Al-Ahzab ayat 56 disebutkan bahwa Allah memberi rahmat untuk Nabi Muhammad, sementara para malaikat memohon ampunan baginya dengan bershalawat.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya”.

Dia juga menjelaskan bahawa Rasulullah SAW juga mengatakan dalam haditsnya yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, yang artinya: “Barangsiapa yang bersholawat kepadaku sekali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali”. (HR Muslim). (rel)