― Advertisement ―

spot_img

KPKNL Medan Gelar SOLID 2024, Perabot Rumah Tangga dan Kantor Dilelang

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Medan menggelar Sosialisasi dan Edukasi Lelang (SOLID) 2024. Kegiatan berlangsung di arena Car Free Day (CFD) Pemko Medan, di seputaran Lapangan Merdeka, Minggu 5 Mei 2024.
BerandaEdukasiFKIP UNA Gelar Orientasi PPG Prajabatan Gelombang I 2024

FKIP UNA Gelar Orientasi PPG Prajabatan Gelombang I 2024

Kisaran (klikcerah.com) – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiikan Universitas Asahan (FKIP UNA) menggelar kegiatan Orientasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Gelombang I Tahun 2024 yang digelar di Ruang Seminar FKIP UNA, Jalan Latsitarda, Kisaran, Rabu 17 Januari 2024.

Orientasi PPG itu diikuti 29 mahasiswa dari satu bidang studi saja, yakni Pendidikan Matematika. Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua Pengurus Yayasan Universitas Asahan, Drs Mapilindo MPd; Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr Drs Bambang Gulyanto SH MPd; Dekan FKIP UNA, Drs Dailami MPd; Kabid LPTK Asahan, Juhari Samosir SPd; Koordinator PPG UNA, Ely Syafitri SPd MPd, dan para dosen PPG FKIP UNA.

Koordinator PPG UNA Ely Syafitri dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 29 mahasiswa. Rinciannya, sebanyak 26 mahasiswa berasal dari Sumatera Utara (Sumut), yakni dari Asahan, Batu Bara, Simalungun, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu, Pematangsiantar, Karo, Dairi, Serdang Bedagai, Deli Serdang, Binjai, Langkat, dan Padang Sidempuan. Sisanya, 1 orang mahasiswa berasal dari Jawa Barat, Aceh dan Yogyakarta.

“Dalam orientasi ini mahasiswa PPG akan mendapatkan juga materi tentang growth mindset, orientasi kurikulum PPG Prajabatan, simulasi alur merdeka belajar, eksplorasi panduan PPL, strategi pembelajaran dengan dukungan LMS yakni LMS PPG dan e-Pakta,” katanya.

Selain itu, mahasiswa PPG juga mendapatkan kesempatan untuk bertanya jawab dengan para narasumber. Dia berharap kepada mahasiswa baru PPG Prajabatan Gelombang I untuk bisa bersinergi bersama mewujudkan guru profesional yang tangguh, kreatif, dan tidak mudah putus asa dalam mendidik generasi bangsa.

“Saya berharap mahasiswa baru PPG Prajabatan Gelombang I dapat mengikuti orientasi ini dengan baik dan serius. Orientasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada mahasiswa tentang program PPG Prajabatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Dekan FKIP UNA, Drs Dailami MPd, mengucapkan selamat kepada mahasiswa PPG yang telah berhasil lolos dalam seleksi dan bisa mengikuti program PPG ini. Ia berharap para mahasiswa PPG setelah menempuh pembelajaran di UNA dapat menjadi guru profesional.

“Mahasiswa yang mengikuti PPG Prajabatan ini merupakan mahasiswa pilihan yang telah melewati seleksi. Oleh karena diharapkan senantiasa semangat dan menunjukkan kemampuan yang optimal,” tambahnya.

Sementara, Rektor UNA Prof Dr Tri Harsono Msi, yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Drs Bambang Gulyanto SH MPd, dalam sambutannya menyampaikan antusiasme dan semangatnya kepada mahasiswa yang baru saja bergabung dengan keluarga besar UNA.

“Selamat datang di UNA, tempat yang akan menjadi rumah bagi pengetahuan, pertumbuhan, dan pencapaian anda. Civitas akademika UNA bertekad untuk memberikan pendidikan berkualitas dan mempersiapkan anda menjadi guru yang tangguh dan berpengaruh di masa depan,” ungkapnya.

Sedangkan, Ketua Pengurus Yayasan UNA, Drs Mapilindo MPd, menyampaikan secangggih apapun teknologi, peran guru tidak pernah tergantikan. “Guru adalah seseorang yang patut digugu dan ditiru, jadi peserta PPG harus bersungguh-sungguh mengikuti perkuliahan teori maupun PPL di sekolah mitra agar benar-bnar menjadi guru profesional,” tandasnya. (fah)